*PROKOPIM KB  CIAMIS( bhayangkara news id)- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memberikan apresiasi kepada Desa Selamanik Kecamatan Cipaku atas diraihnya penghargaan Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kemenparekrap RI. 


Apresiasi tersebut disampaikan Bupati Ciamis saat menghadiri acara milangkala Desa Selamanik yang ke-38 di halaman Kantor Desa Selamanik, Selasa (30/11/2021). 


Desa Selamanik Kecamatan Cipaku termasuk salah satu desa yang lolos dan meraih penghargaan ADWI Kemenparekrap dari total jumlah 1381 Desa se Indonesia yang mengikuti. 



Dalam sambutanya, Bupati Ciamis mengatakan raihan prestasi tersebut agar dijadikan motivasi dan semangat bagi masyarakat dalam membangun Desa. 


"Kepada Kepala Desa, prestasi ini harus tetap dipertahankan, selain itu gotong royong dan bahu membahu harus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat," Ucapnya. 


Menurutnya, masyarakat harus menyadari sehebat apapun Kepala Desa tidak ada apa-apanya apabila tidak di suport dan di dukung oleh masyarakat. 


Selanjutnya, Bupati menuturkan agar potensi desa harus dikelola dan dimanfaatkan sehingga menjadi PAD Desa, terutama seni dan budaya peninggalan leluhur. 


"Manfaatkan dan kelola potensi yang ada di Desa, sehingga menjadi PAD Desa, apalagi seni dan budaya peninggalan leluhur agar terus dipelihara dan dilestarikan, " Ungkapnya. 


Selain itu, Beliau berpesan kepada seluruh perangkat pemerintah baik di tingkat Kecamatan maupun Desa agar pelayanan kepada masyarakat dapat diutamakan. 


"Jangan ada masyarakat yang ngeluh karena kurang baiknya pelayanan, harus diterima dengan ramah tamah, " Tandasnya. 


"Selamat milangkala untuk Desa Selamanik yang ke-38, mudah-mudahan dengan kepemimpinan Kepala Desa saat ini dapat terus mengayomi masyarakatnya, sehingga menjadi desa yang maju dan sejahtera, " Pungkasnya. 


Sementara itu, Kepala Desa Selamanik Dodi Herdiawan menyampaikan penghargaan yang diraih Desa Selamanik adalah berkat kerja keras dan semangat seluruh masyarakat. 



"Selain penghargaan dari Menteri Pariwisata, Desa Selamanik juga masuk dalam 13 besar Desa digital se Jabar, dan masuk dalam Desa Brilian 50 besar tingkat nasional," Tuturnya. 


Dodi berharap di moment milangkala Desa Selamnik ke 38 ini dapat dijadikan motivasi agar Desa Selamanik kedepanya bisa lebih baik lagi serta lebih banyak prestasi yang diraih. 


Acara diakhiri dengan penyerahan Anugrah Desa Wisata dari Bupati Ciamis kepada Kepala Desa Selamanik. 


Turut hadir Perwakilan Kadis DPMD Jabar, Kadis DPMD Ciamis, Kadis Pariwisata, Kadis Kesehatan, Camat Cipaku, unsur Forkopimcam serta tokoh Ulama dan tokoh masyarakat. 

( Hb 048)

Sumber : humas