Bhayangkara news id " Polres Tasikmalaya, Polda Jabar.              Setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia. Hari Ibu tak bisa dilepaskan dengan peristiwa Kongres Perempuan I 22 Desember 1928. Peristiwa tersebut merupakan awal bangkitnya gerakan dari perempuan Indonesia sebelum Kemerdekaan Republik Indonesia.                                     


Atas prakarsa para perempuan pejuang pergerakan 

kemerdekaan, pada tanggal 22-25 Desember 1928 diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia pertama di Yogyakarta. 


Salah satu keputusannya adalah dibentuknya satu organisasi federasi yang mandiri dengan nama Perikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia (PPPI). Melalui PPPI tersebut, terjalin kesatuan semangat juang kaum perempuan, bersama-sama dengan kaum laki-laki berjuang meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka.     


Selain itu berjuang bersama-sama kaum perempuan untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan Indonesia menjadi perempuan yang maju. Pada 1929 PPPI berganti nama menjadi Perikatan Perkumpulan Istri Indonesia (PPII).


Sampai saat ini badan ini terus berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan zaman.                    Peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 22 Desember tersebut kemudian dijadikan tonggak sejarah bagi Kesatuan Pergerakan Perempuan Indonesia. 


Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu, istri, warga negara, abdi Tuhan Yang Maha Esa, dan pejuang kemerdekaan. 


Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia tertutama generasi muda akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa.


Pada hari ini juga, Polres Tasikmalaya, Polda Jabar melaksanakan Upacara memperingati Hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2021 di Halaman Gedung Bupati Kabupaten Tasikmalaya Yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Kabupaten Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, S.IP dan Komandan Upacara oleh Bripka Noneng Sri Lestari.                     


Dengan dihadiri oleh Dandim 0612 / Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno S.IP; Kasbrig Raider 13  Kostrad Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, S.H.; Kabag SDM Polres Tasikmalaya KOMPOL  Dani Prasetya, S.H; Kabag SDM Polres Kota Tasikmalaya KOMPOL Ikandar hartana S.Sos M.Si; Kadislog Lanud Wiryadinata Mayor Kal Yoga Virgiawan; Kasubsi Prosarin Kejari Kabupaten Tasikmalaya Yosep Nurdiana, Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Fraksi PDIP Ucu Subandri, Ketua TP PKK Kabupaten Tasikmalaya Ny. Ai Diantani Sugianto, Para Kepala SKPD Kabupaten Tasikmalaya, DHC '45; PWRI, Pepabri, LVRI, Lembaga Yayasan KH Zaenal Mustafa, Peserta Upacara meliputi unsur TNI, Polwan, Pol PP, ASN dilingkungan Pemda Tasikmalaya.(Hb 048)