*

 KB CIAMIS "bhayangkara news id " - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyerahkan bantuan stimulan bagi para korban bencana gempa bumi tahun 2017 di Pamarican bertempat di halaman Desa Bantarsari Kecamatan Pamarican, Rabu (15/12/2021). 


Bantuan sosial tersebut diserahkan dalam bentuk buku tabungan sebagai stimulan bagi korban bencana gempa bumi baik kategori rusak ringan, sedang maupun berat. 


Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan peresmian Kantor Desa Bantarsari yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Ciamis. 



Bupati Ciamis dalam sambutannya menyampaikan penyerahan bansos tersebut terkait bencana alam gempa bumi yang terjadi pada tahun 2017 silam di Kecamatan Pamarican. 


"Terkait dampak bencana alam ini, kami pemerintah daerah terus mengupayakannya, termasuk pada tahun 2019 setelah dilantik menjadi Bupati saya langsung menemui kepala BNPB Doni Monardo saat itu," Ungkap Bupati. 


Akan tetapi, Bupati menjelaskan pada waktu tersebut terjadi bencana gempa bumi di Palu Sulawesi Tengah sehingga bantuan pemerintah pusat lebih difokuskan kesana. 


"Saat itu kami tidak berputus asa, dan kembali memperjuangkan ke provinsi, akan tetapi pengajuanya terlambat dan kembali tidak menerima bntuan," Ungkapnya. 


Namun begitu, Beliau mengatakan Pemerintah Daerah dengan berkolaborasi bersama DPRD tetap mengupayakan bantuan sebesar 300 Milyar lebih meskipun APBD Ciamis dalam keadaan defisit. 


Diketahui bantuan stimulan tersebut terdiri dari  kategori rusak ringan masing-masing mendapat Rp 1 juta , kategori rusak sedang Rp 2,5 juta dan untuk kategori rusak berat mendapat bantuan masing-masing 5 juta rupiah. 


"Bantuan ini sebagai bentuk perhatian dan kadedeuh dari Pemerintah Daerah, walaupun nilainya tidak seberapa mudah-mudahan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya," Tuturnya. 


Sementara itu, Camat Pamarican Maman Somantri mengucapkan  terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak baik para Kepala Desa yang telah berjuang dibantu dengan anggota dewan sehingga masyarakat Pamarican mendapat bantuan gempa tahun 2017.



Maman melaporkan berdasarkan jumlah hasil tim verifikasi gempa tahun 2017 di Kecamatan Pamarican terdapat 1736 KK, dengan kategori rusak ringan 1146 KK, kategori rusak sedang 407 KK dan kategori rusak berat 153 KK. 


"Yang hadir saat ini sebanyak 145 KK yang berasal dari 3 desa, Desa Bantarsari 16 KK, Desa Sukajaya 57 KK dan Desa Neglasari sebanyak 72 KK, "  Tandasnya. 


Turut hadir mendampingi Bupati Ciamis, Sekda Ciamis, perwakilan Anggota Dewan, Kepala BPBD Ciamis, para Kepala SKPD terkait, unsur Muspika Pamarican dan para Kepala Desa se Kecamatan Pamarican. 

( Hb 048)