*


KB  Ciamis ( bhayangkara news id)- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, pimpin pengambilan sumpah dan janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Senin (6/12/2021), pagi.


Sumpah dan janji PNS diambil langsung oleh Bupati Ciamis selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Pemerintah, didampingi oleh Rohaniwan dan Kepala OPD.


Dalam sambutannya Bupati Herdiat menyampaikan selamat kepada CPNS yang telah diangkat menjadi PNS. 



Menurutnya, menjadi PNS merupakan hal tidak mudah. Karena dari berbagai tahapan mulai dari seleksi sampai menjadi CPNS perlu perjuangan yang cukup melelahkan 


"Jangan sia siakan amanah ini (PNS) dan tidak boleh abai akan tanggung jawab serta aturan sebagai PNS, " tegasnya. 


Bupati Herdiat mengingatkan kepada para PNS yang dilantik agar layani masyarakat sebaik-baiknya. 


Lanjutnya, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki sikap loyalitas terhadap NKRI, Undang-Undang dan Pancasila. Hal tersebut harus dipedomani dan dilaksanakan. 


"Tugas dimanapun tentunya memegang tanggung jawab yang harus dipertanggungjawabkan. Melayani masyarakat dengan baik dan melaksanakan tugas sebaik baiknya menjadi kunci sebagai PNS berprestasi, " tuturnya. 


Bupati Herdiat mengingatkan para PNS yang dilantik jangan sampai ada yang tersangkut permasalahan hukum. 


"Saya tidak berharap ada ASN yang tersangkut masalah hukum di Kabupaten Ciamis, " ujarnya


Tambah Bupati Herdiat, setelahnya diangkat jadi ASN sesuai dengan kompetisi, berhak menduduki jabatan di Pemkab Ciamis.


"Jabatan ini tidak mudah ada kriteria pimpinan, diantaranya prestasi, inovasi sebagai ASN. Kemudian, dedikasi keinginan dan pengabdian kepada masyarakat,"


"Intinya bekerja harus profesional, harus mempunyai martabat dan harga diri. Dan yang terpenting layani masyarakat. Itu kunci menjadi aparatur negara yang baik yang memiliki budi pekerti, " tutupnya.


Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ciamis Yeyet Trisnawati menyebutkan, sebanyak 265 PNS terdiri dari 156 tenaga guru, 30 orang tenaga kesehatan, dan 79 tenaga teknis. 



"Pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil Wilayah Kabupaten Ciamis ini untuk CPNS yang lulus formasi tahun 2019," jelasnya. 


Ia menuturkan, jumlah formasi yang ditetapkan Kemenpan RB pada TA 2019 sebanyak 277 orang. Namun yang lolos seleksi formasi sebanyak 265. 


CPNS yang  diangkat menjadi PNS telah mengikuti masa percobaan terlebih dahulu. 


"Pada hari ini akan diserahkan penyerahan keputusan CPNS menjadi PNS yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Ciamis, " terang Yeyet. 

( Hb 048)