MEDAN [bhayangkaranews.id] – Peminat mengikuti UKW (uji kompetensi wartawan ) Dewan Pers oleh  wartawan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sangat tinggi. Hal ini terlihat membludaknya wartawan mendaftar ikut UKW angkatan ke-39 yang akan digelar Dewan Pers bersama Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) Sumut tanggal 21-22 Desember 2021 di Hotel Cambridge, Medan.

"Berdasarkan berkas yang kami terima, yang mendaftar itu banyaknya 200 orang lebih, dengan jenjang muda, madya dan utama," ujar Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik didampingi Sekretaris SR Harmonangan Panggabean, dan Ketua Panitia, Rifki Warisan, Sabtu (18/12/12), di kantor PWI Sumut.

Farianda menjelaskan, pelaksanaan UKW Angkatan ke-39 ini merupakan program dari Dewan Pers bekerjasama dengan PWI Pusat, yang penyelenggaraannya dipercayakan kepada PWI Sumut. UKW akan diikuti hanya sebanyak 60 peserta, terdiri dari 36 orang (6 kelas) tingkat muda, 18 orang (3 kelas) tingkat madya, dan 6 orang (1 kelas) tingkat utama

"Jadi, setelah dilakukan verifikasi berkas, maka dari yang mendaftar sekitar 200 orang lebih itu, terpilih 60 orang yang akan mengikuti UKW, dengan beberapa cadangan," ungkap Farianda.

Untuk itu ia nenyampaikan permohonan maaf kepada wartawan yang telah mendaftar, namun belum bisa ikut UKW kali ini. "Karena kuotanya terbatas, maka banyak kawan-kawan wartawan yang belum bisa ikut," ujarnya.

Namun begitu, lanjut Farianda, PWI Sumut tahun depan akan menyelenggarakan kembali UKW. "Nah bagi yang telah mendaftar sekarang, tapi belum bisa ikut, akan kami prioritaskan untuk UKW selanjutnya. Jadi sekarang ini kita minta bersabar ya," tegas Farianda.

Ketua Panitia, Rifki Warisan, menambahkan, UKW Angkatan ke-39 ini dilangsungkan tanggal 21-22 Desember 2021 di Hotel Cambridfe, Jalan S Parman, Medan. "Setiap peserta, penguji dan panitia akan dilakukan swab antigen Covid-19 pada tanggal 21 Desember 2021 pukul 07.00-08 WIB di Hotel Cambridge, Medan," ungkap Rifki.

Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh peserta agar hadir tepat waktu untuk dilakukan swab antigen. "Dan kepada peserta jangan lupa membawa laptop dan flashdisk," ujarnya.[Red]