*


KB Ciamis bhayangkara news id "- Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali menggelar Halaqah Ulama ke-4. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Islamic Center Ciamis, Kamis (23/12/2021). Ratusan ulama, kyai dan ustadz se-Kabupaten Ciamis turut serta hadir memeriahkan gelaran tahunan tersebut. 


Dalam Halaqah ke-4 kali ini, tokoh ulama, kyai dan ustadz membahas rekomendasi untuk Kabupaten Ciamis bidang keagamaan. Mengangkat tajuk 'menguatkan ukhuwah, meraih berkah, sejahtera untuk semua,' kegiatan tersebut dihadiri Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama Wakil Yana D Putra, unsur Forkopimda Plus dan para Kepala SKPD se-Kabupaten Ciamis.


Hadir pula, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Ciamis, Ketua Muhammadiyah Ciamis, Ketua Persis Ciamis, Ketua PUI Ciamis, Ketua Hamida Ciamis, Ketua FSPP, Ketua FPP, para alim ulama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan Ciamis.


Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Halaqah Ulama ke-4 ini  sebagai sarana silaturahmi antara alim ulama dengan umaro. Hal ini dilakukan dalam upaya menghasilkan gagasan dan rekomendasi untuk Ciamis lebih baik.



"Melalui kegiatan Halaqah Ulama, diharapkan setiap permasalahan bisa didiskusikan dengan tidak menonjol kelompok. Sehingga bisa menghasilkan rekomendasi dan pengembangan untuk ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten demi memajukan Kabupaten Ciamis, " katanya. 


Pelaksanaan Halaqah Ulama pada tahun sebelumnya hanya dilaksanakan secara virtual, dikarenakan situasi pandemi Covid-19.


"Alhamdulillah hari ini bisa bersilaturahmi secara langsung dengan para ulama, karena menurut aturan pemerintah sudah membolehkan, " jelas Herdiat. 



Menurutnya, ulama dan umaro menjadi dua kelompok yang saling membutuhkan. 


"Ulama dan umaro bagaikan sayap kanan dan kiri yang saling menguatkan. Peran ulama sangat dibutuhkan, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sesuai ajaran Islam, " terangnya. 

 

Herdiat pun mengapresiasi kepada jajaran  MUI Ciamis dan panitia yang telah mensukseskan kegiatan Halaqah Ulama ke-4. 


"Apresiasi kepada penyelenggara, terutama MUI yang membantu terselenggara kegiatan ini. Semoga Halaqah menjadi penyejuk, pencerah dan perekat bagi ulama dan umara kabupaten Ciamis, " harapnya. 


*Bupati Ciamis Serahkan Bantuan Hibah Unit Sepeda Motor untuk MUI Desa*


Pada kesempatan acara tersebut Bupati Ciamis menyerahkan secara simbolis bantuan hibah Pemkab Ciamis berupa 55 unit sepeda motor untuk MUI unit Desa.  


Bantuan tersebut diperuntukan kendaraan operasional bagi pengurus MUI Desa. 


Sebelumnya, Pemkab Ciamis juga telah menyerahkan bantuan hibah sebanyak 105 unit motor kepada MUI Desa. Sehingga sampai saat ini, Pemkab Ciamis telah menyerahkan hibah 165 sepeda motor untuk MUI Desa di Kabupaten Ciamis. 


Herdiat pun menjanjikan untuk bantuan hibah sepeda motor bagi 96 MUI Desa/Kelurahan yang belum, akan dipenuhi pada tahun 2022, mendatang. 


"Bantuan hibah ini sebagai motivasi para MUI desa dalam melaksanakan tugasnya. Semoga sarana yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik baiknya," ujarnya. 


Selain itu, di penghujung acara Halaqah Ulama, Herdiat pun memberikan tiket umrah bagi untuk 10 ulama yang dipilih melalui kocokan.


*Bupati Ciamis Ajak Ulama Sukseskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19*


Herdiat mengajak para ulama agar mensukseskan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis. 


Ia melaporkan, Kabupaten Ciamis saat ini berada di level 2 PPKM. Untuk pelaksanaan vaksinasi secara kinerja baru mencapai 68,1 persen, sementara secara aturan harus 70 persen.


"Target vaksinasi kita masih kekurangan 1,9 persen lagi. Mari sama-sama kita sukseskan program ini, karena kita wajib berupaya dan berikhtiar dalam memerangi Covid-19 salah satunya melalui vaksinasi, " ajaknya. 



Tambahnya, dalam hal kasus konfirmasi Covid-19 Kabupaten Ciamis saat ini kembali ke zero kasus Covid-19.


"Alhamdulillah konfirmasi positif covid-19 di kabupaten Ciamis kembali zero, sudah tidak ada yang positif. Namun diharapkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan,' imbau Herdiat.

( Hb 048)