"Ada dua hal juga yang mendasari kunci keberhasilan dan kesuksesan seseorang,  yakni Prinsip kerja keras atau kerja cerdas. Prinsip kerja keras adalah  kita harus mampu untuk melakukan suatu pekerjaan keras, kita harus bekerja keras dalam setiap melakukan setiap pekerjaan  kita. Beda dengan prinsip kerja cerdas, yang dimaksud dengan kerja cerdas adalah diri kita sendiri yang mengatur atau menjadi pimpinan bagi orang yang kita pekerjakan atau karyawan. Jadi yang terpenting bagaimana kita persiapkan diri kita, mental kita untuk bisa menjadi kerja cerdas bukan kerja keras, kerja cerdas adalah memanfaatkan segala fasilitas yang ada"

Asahan-Sumut [bhayangkaranews.id], Sekolah Penggerak SMAN - 4 Kisaran menggelar kegiatan program bimbingan karir " Diskusi  Sumber Daya Mineral dan Motivasi Bagi Siswa. Hadir sebagai nara sumber dalam acara tersebut Manager Project Management System' PT. Pertamina ( Persero ) Juanto Sitorus , S.Si, MT, CPM, PMP, CSEP, ERMCOP.


Dalam  kata sambutan arahan sekaligus bimbingan  Juanto Sitorus, S.Si, MT, CPM, PMP, CSEP, ERMCOP yang juga menjabat sebagai  Manager Project Management System' PT. Pertamina ( Persero ) dan Project Management Informasi System' & Doc PT. Kilang Pertamina Internasional menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak penyelenggara Diskusi yakni Sekolah Penggerak SMAN - 4 Kisaran, " saya ucapkan trimakasih kepada Kepala Sekolah Esmi Pohan M.Pd beserta para tenaga pendidik dan juga seluruh siswa siswi yang hadir", Jumat, (10/12/2021) di aula SMAN - 4  Kisaran.

Selanjutnya Juanto Sitorus dihadapan ratusan siswa siswi  serta para guru GURU SMAN - 4 Kisaran menjelaskan, " sebenarnya manusia itu terbentuk karena keadaan dan situasi, jangan kalah dengan keadaan.  Untuk itu kunci utama dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan adalah bertemanlah dengan orang pintar, memiliki jiwa  mental yang tangguh, jiwa  mental yang hebat  serta jiwa mental yang siap memimpin dan jadi pemimpin bukan untuk dipimpin.

Kemudian ada dua hal juga yang mendasari kunci keberhasilan dan kesuksesan seseorang,  yakni Prinsip kerja keras atau kerja cerdas. Prinsip kerja keras adalah  kita harus mampu untuk melakukan suatu pekerjaan keras, kita harus bekerja keras dalam setiap melakukan setiap pekerjaan  kita. Beda dengan prinsip kerja cerdas, yang dimaksud dengan kerja cerdas adalah diri kita sendiri yang mengatur atau menjadi pimpinan bagi orang yang kita pekerjakan atau karyawan. Jadi yang terpenting bagaimana kita persiapkan diri kita, mental kita untuk bisa menjadi kerja cerdas bukan kerja keras, kerja cerdas adalah memanfaatkan segala fasilitas yang ada", terang Juanto Sitorus.

Persiapkan mental diri kita dari sekarang, karena mental merupakan dasar atau kunci untuk menuju kesuksesan. Jadikan dirimu, jadikan mental mu sebagai  mental pemenang, setiap manusia hidup pasti punya kesulitan dan permasalahan. Untuk bisa melewati semua kesulitan dan permasalahan yang sedang kita hadapi, jangan terlalu dibawa perasaan ( baper ). Ambillah hikmah dari semua kesulitan dan permasalahan itu sebagai pelajaran hidup agar semua kesulitan dan permasalahan yang pernah kita hadapi tidak akan pernah terulang lagi untuk massa yang akan datang", papar Juanto Sitorus

Sementara itu Awaluddin Sitorus sebagai moderator dalam acara tersebut mengatakan, " acara diskusi ini sangat penting kita laksanakan terhadap anak anak didik kita, karena ini akan menambah motivasi untuk kedepannya sebagai generasi penerus bangsa. Kita juga bangga sebagai masyarakat Asahan, kita memiliki seorang putra daerah terbaik untuk tingkat Nasional dan Internasional. Diskusi yang digelar ini, sengaja kita mengundang Juanto Sitorus yang notebene nya adalah merupakan anak asli kelahiran Desa Gajah Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan, selain menjabat beberapa jabatan strategis dilingkungan pemerintahan dan swasta, Juanto Sitorus, S.Si, MT. CPM. PMP. CSEP.ERMCP, juga menjabat sebagai Dosen Pasca Sarjana Universitas Indonesia", ungkap Awaluddin

Kepala Sekolah Penggerak SMAN - 4 Kisaran Esmi Pohan M.Pd  disela sela kegiatan Diskusi kepada awak media menjelaskan," acara diskusi ini adalah merupakan agenda atau program kerja dari sekolah penggerak SMAN - 4 Kisaran dengan mengambil tema Kegiatan Program Bimbingan Karir " Diskusi Sumber Daya Mineral dan Motivasi Belajar Bagi Siswa". Maksud dan tujuannya  agar para siswa siswi kita lebih mengenal dan lebih memahami lagi tentang sumber daya mineral kita.

Acara Diskusi  ini diikuti sekitar 250 orang siswa siswi dari empat Sekolah Menengah Atas Negri, diantaranya SMAN - 1, SMAN - 2, SMAN - 3 dan SMAN - 4 Kisaran serta seluruh guru guru di lingkungan SMAN - 4 Kisaran." Kami atas nama keluarga besar Sekolah Penggerak SMAN - 4 Kisaran , mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Juanto Sitorus , S.Si, MT, CPM, PMP, CSEP, ERCMP  yang  telah hadir dalam acara ini untuk memberikan ilmu serta motivasi kepada anak anak didik kami ", ucap Esmi Pohan sembari mengakhiri acara Diskusi. (JH)