*



KB CIAMIS( bhayangkara news id) Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri dan membuka secara langsung pagelaran seni silat di GOR PGRI Desa Cidolog Kecamatan Cidolog, Minggu (05/12/2021). 


Pagelaran seni silat tersebut diselenggarakan oleh perguruan pencak silat Karya Muda Kencana dengan menampilkan seni silat dari berbagai Desa Se Kecamatan Cidolog. 


Mengawali sambutanya, Wabup Yana sekaligus ketua IPSI Ciamis menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia atas terselenggaranya acara pagelaran seni silat di Desa Cidolog. 



Wabup mengatakan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah memasukkan tradisi Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTB) asli Indonesia.


"Pada tanggal 12 Desember 2019, UNESCO telah resmi menetapkan

Pencak Silat sebagai warisan budaya tak benda indonesia," Ucapnya. 


Menurutnya, tidak cukup rasa syukur dan bangga saja, akan tetapi harus senantiasa dibarengi dengan menjaga, memelihara dan melestarikan seni budaya tersebut. 


"Hari ini kita mengenal dan belajar budaya seni pencak silat tapi entah beberapa puluh tahun kedepan apakah masih ada atau tidak," Terangnya. 


Oleh karenanya, Wabup menjelaskan kedepanya Pencak Silat diharapakan dapat menjadi pelajaran ekstra kulikuler di setiap jenjang sekolah baik SD, SMP maupun SMA. 


"Jadi kepada para kepala sekolah, jika kedepan ada anggota IPSI ke sekolah untuk menawarkan Ekskul Pencak Silat tolong diterima, " Imbuhnya. 


Beliau melanjutkan, dengan pengelolaan yang baik diharapkan akan lahir atlit dari Cidolog yang bisa berkiprah di tingkat nasional bahkan dibtingkat internasional. 


"Mudah-mudahan acara ini menjadi momentum bangkitnya pencak silat di kecamatan cidolog," Pungkasnya. 



Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara Iyan melaporkan kegiatan tersebut terlaksana atas dasar keinginan sebagian masyarakat dan para siswa di Desa Cidolog untuk melestarikan seni budaya pencak silat. 


Ia mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa sanggar seni atau padepokan silat di Kecamatan Cidolog untuk menampilkan seni silat yang dipelajari oleh para siswa  hasil pelatihan di perguruanya masing-masing. 


"Alhamdulillah, beberapa diantaranya ada yang telah mengikuti event baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat provinsi, semoga dengan kegiatan ini tercipta atlit-atlit yang dapat mengharumkan Cidolog," Pungkasnya. 

( Hb 048)