KB CIAMIS" bhayangkara news id "   Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri acara pengajian Salasa Ngaji Bareng (Sangba) yang diikuti oleh para pimpinan organisasi keagamaan, pimpinan pesantren dan Ustad se Kecamatan Panumbangan.


Dalam kesempatan tersebut juga Wabup sekaligus meninjau progres pembangunan Kantor Bersama Organisasi Keagamaan (KBOK) Kecamatan Panumbangan bertempat di Dusun Landeuh Desa Sindangherang Panumbangan, Selasa (04/01/2021). 


Wabup Yana, dalam sambutanya menyampaikan perbedaan adalah suatu keniscayaan dan persamaan adalah suatu yang harus diupayakan. 


"Terdapat 4 kiat untuk menghindari perpecahan, pertama toleransi, kedua jangan merasa benar sendiri, ketiga jangan memaksakan kehendak sendiri dan keempat mengutamakan persamaan dan jangan mempermasalahkan perbedaan," Terangnya. 



Wabup mengungkapkan dengan mempermasalahkan perbedaan hal itu berarti membenci Tuhan yang telah menciptakan makhluk-Nya yang beraneka ragam (berbeda-beda). 


"Tujuan setiap ormas pada intinya sama jika ditarik benang merahnya, namun hanya redaksinya saja yang berbeda," Jelasnya. 


Dikatakan Wabup, dengan dibangunnya gedung KBOK ini salah satunya sebagai upaya untuk membangun persamaan hingga terbentuk kebersamaan dalam membangun ukhuwah islamiyah. 


Sehingga para ulama dengan adanya Ukhuwwah Islamiyah ini bisa lebih berdaya dan menjadi mitra bagi pemerintah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. 


"Gedung ini akan menjadi cikal bakal terbangunnya ukhuwah Islamiyah di Kecamatan Panumbangan dan Ciamis pada umumnya, sehingga ulama bisa berdaya dan menjadi mitra pemerintah dalam membangun Kabupaten Ciamis," Terangnya. 


Terakhir beliau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak tokoh ulama, agniya dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan gedung KBOK Kecamatan Panumbangan. 


"Penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya, terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama berpartisipasi, semoga dicatat sebagai amal sholeh dan mendapat pahala yang terbaik dari Allah SWT, " Pungkasnya. 



Sementara itu, penasehat pembangunan gedung KBOK, H. Lili Miftah mengatakan pembangunan gedung tersebut telah direncanakan sejak tahun 2016 namun baru dapat direalisasikan pada tahun 2021.


"Gedung ini nantinya akan mewadahi seluruh Organisasi Islam di Kecamatan Panumbangan seperti MUI, FKDT, UPZ, DMI, BKMM, BKPRMI dan IPHI," tuturnya. 


Lili berharap dengan dibangunnya kantor bersama tersebut dapat meningkatkan ukhuwwah islamiyah serta mengoptimalkan pelayanan terhadap umat.

( Hb 048)