Polda Jabar.bhayangkara news id" 

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si., di dampingi KabidKum Polda Jabar Kombes Pol, Tony Binsar, S.H., S.I.K., M.Si., meninjau langsung Pos Pengamanan (Pos Pam) Res Area Km. 130 Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (30/12/2021).


Peninjauan Pos Pengamanan Res Area Km. 130 Kabupaten Indramayu tersebut merupakan rangkaian Ops Lilin Lodaya 2021 Polres Indramayu Polda Jawa Barat.


Dalam kunjungannya, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si., di sambut langsung oleh Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Syarif, S.I.K., M.H., di dampingi Dandim 0616 Indramayu Letkol Inf. Wibowo, S.Sos.


Dalam kesempatan itu Kapolres Indramayu menyampaikan kepada Kapolda Jabar terkait ituasi Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas di Res area Km 130. 


Selain itu Kapolres juga menyampaikan terkait pengetatan protokol kesehatan bagi para pemakai jalan Tol yang singgah di Res Area Km 130 dan menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi.


“Pihaknya juga menyampaikan di Res Area Km 130 disiapkan barkode peduli lindungi untuk memastikan warga masyarakat sudah di vaksin 1 dan 2,” katanya.


Terkait pengamanan, lanjut AKBP M. Lukman Syarif, bahwa Polres Indramayu mensiagakan petugas vaksinasi bagi warga masyarakat yang belum di vaksinasi dan juga swab antigen.


Sambungnya, terkait dengan arus balik pengamanan Pos Yan rest area akan beralih ke jalur B, sementara dititik beratkan dijalur A ini.


Sementara, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Suntana mengatakan untuk kondisi arus lalu lintas di ruas Jalan Tol Cipali sendiri, saat ini masih terpantau lancar walau terdapat peningkatan volume kendaraan.


"Alhamdulillah, dari angka yang dikeluarkan dari wilayah perbatasan Cikampek, memang ada peningkatan volume arus lalu lintas, tetapi tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya," tuturnya.

Kendati demikian, dikatakan Irjen Suntana, pihaknya akan mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada momen arus balik nanti.


Yakni pada tanggal 1 atau 2 Januari 2022. Mengingat, pada tanggal 3 Januari 2022, masyarakat sudah kembali bekerja seperti biasa.


Di sisi lain, sesuai instruksi dari Kemendagri, Kapolda Jabar juga meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan eforia yang berlebih pada malam tahun baru nanti.


"Kita sarankan walau tingkat vaksinasi sudah tinggi, tapi kita tetap imbau masyarakat untuk di rumah saja untuk menghindari kerumunan," tutupnya.


Sebelum bapak Kapolda Jabar meninggalkan lokasi Pos Yan rest area KM 130 A, meninjau gerai vaksinasi yang disiapkan oleh Polres Indramayu dan menyapa berdialog dengan petugas medis dan masyarakat yang sedang di vaksin.

(01/01/2022)

( Hb 048)