*


KB CIAMIS", bhayangkara news id" - Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2022 tingkat Kabupaten Ciamis dilaksanakan di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Senin, (03/01/2022).


Dalam peringatan tersebut, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya serahkan 15 penghargaan kepada Guru, Siswa dan Penyuluh di lingkup Kementerian Agama Ciamis atas prestasi di tingkat Nasional, Provinsi maupun tingkat Kabupaten. 



Selain itu, dilaksanakan juga penyematan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 34 penerima, terdiri dari guru, Kepala Sekolah dan penghulu di lingkup Kementerian Agama Ciamis. 


Selaku Inspektur Upacara, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam amanatnya menyampaikan sambutan tertulis dari Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. 


Disampaikannya, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 Kementrian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan Pengamalan ajaran agama. 


"Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya," Ucapnya. 


Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya indeks keshalehan umat beragama dari 82,52 menjadi 83,92, indeks kerukunan umat beragama semula 67,42 menjadi 72,39 dan indeks kepuasan layanan KUA meningkat dari angka 77,28 menjadi 78,90 pada tahun 2021.


Bupati menuturkan dari perspektif tata kelola keuangan, Kemenag juga mampu mempertahankan prestasinya dengan meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2020.


"Kita semua memahami prestasi yang telah dicapai oleh Kementerian Agama merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh kementrian agama serta saudara sekalian,"ungkapnya.


Dikatakanya, di usia yang ke 76 Kemenag harus terus berbenah, prestasi yang telah diraih harus dipertahankan dengan terus berinovasi untuk mewujudkan kementerian agama yang lebih baik. 



"Jadikan pula 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, keteladanan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian," Jelasnya. 


Terakhir Bupati Ciamis mengucapkan selamat memperingati Hari Amal Bhakti Kementrian Agama Ke 76.


"Atas nama pribadi dan pemerintah, saya ucapkan selamat hari amal bhakti Kementrian Agama, semoga kita semua dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa semakin baik dan semakin berkembang," Pungkasnya. ( Hb 048)