"Berdasarkan hasil  pantauan di lapangan, pembangunan proyek tersebut disinyalir bertolak belakang dengan rencana sebelumnya.  Bagaimana tidak  seharusnya didalam pengerjaannya, titik nol (awal pengerjaan nya - red) tersebut berada di simpang Jalan Mekar berbatasan dengan jalan hotmix ," 

Proyek pembangunan peningkatan jalan lingkungan  tepatnya di Jalan Mekar Dusun 1 Desa Sei Alim Ulu, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan

Asahan-Sumut [bhayangkaranews.id], Pekerjaan Proyek pembangunan peningkatan jalan lingkungan  tepatnya di Jalan Mekar Dusun 1 Desa Sei Alim Ulu, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan dengan sumber  dana dari APBD Kabupaten Asahan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman ( PERKIM ) Kabupaten Asahan sebesar Rp 243 juta yang dikerjakan oleh rekanan CV Cleosa Cipta Engineering mendapat protes keras oleh warga setempat.


"Berdasarkan hasil  pantauan dilapangan, pembangunan proyek tersebut disinyalir bertolak belakang dengan rencana sebelumnya.  Bagaimana tidak  seharusnya didalam pengerjaannya, titik nol ( awal pengerjaan nya - red ) tersebut berada di simpang Jalan Mekar berbatasan dengan jalan hotmix ," Rabu ( 05/01/2022 )


Salah seorang warga setempat Adi ( 45 ) kepada awak media mengatakan, " kenapa proyek pembangunan peningkatan jalan lingkungan di Jalan Mekar Dusun 1 Desa Sei Alim Ulu tersebut malah dibangun di lokasi yang dianggap tidak sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya.


Dalam hal ini, mereka berharap kepada pihak pemerintah Kabupaten Asahan agar segera turun ke lapangan guna melakukan peninjauan ke lokasi proyek tersebut.


Menanggapi persoalan itu, Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Asahan Nizar Simatupang menjelaskan jika perubahan titik nol pada proyek tersebut berdasarkan adanya permintaan.

"Perubahan titik nol pada proyek tersebut dikarenakan adanya permintaan bang," ungkap Nizar.


Hal yang sama juga disampaikan  PPK  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Asahan  Musahan , "  jika perubahan titik nol pada proyek tersebut berdasarkan adanya permintaan dari Kepala Desa.


"Adapun terjadinya perubahan titik nol tersebut dikarenakan adanya permintaan secara tertulis dari pihak Desa Sei Alim Ulu. Berdasarkan pertemuan  dengan Kepala Desa Sei Alim Ulu pada beberapa waktu lalu, Kepala Desa  berjanji  akan melanjutkan proyek tersebut dengan menggunakan dana Desa ",  terang  Musahan.


Dijelaskannya  pihak Dinas / institusi manapun tidak akan berani untuk memindahkan titik nol suatu proyek jika tidak memiliki dasar.

" Untuk itu dasar surat permohonan dari Kepala Desa tersebut merupakan pegangan bagi kami jika terjadi permasalahan dikemudian har " , ungkap Musahan  ( JH )


 


Gambar : Proyek pembangunan peningkatan jalan lingkungan di Jalan Mekar Dusun 1 Desa Sei Alim Ulu, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.