Cianjur "Bhayangkara news id "Polda Jabar "

-Waspada angin kencang disertai hujan Anggota Kompi 4 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jabar melaksanakan patroli SAR di wilayah Cipanas cianjur lokasi rawan longsor dan bencana banjir yang berada di sekitar wilayah Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.


Tujuan patroli SAR ini untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar berhati hati di situasi cuaca ekstrem seperti ini, dengan kehadiran Sat Brimob Polda Jabar sedikit banyak memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitas, serta memantau perkembangan volume air yang berada di saluran air khususnya di wilayah Cipanas Cianjur.


Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa patroli Sat Brimob Polda Jabar di lokasi rawan longsor dan banjir adalah upaya deteksi dini terhadap bencana yang mungkin muncul , ini patut diacungi jempol.


“Langkah patroli SAR Sat Brimob Polda Jabar adalah bentuk kesiapsiagaan Sat Brimob Polda Jabar serta merupakan langkah preemtif jika sewaktu waktu terjadi bencana.” ujar Ibrahim Tompo.


Dalam pengecekan yang dilaksanakan oleh tim patroli SAR terlihat saluran air yang berada di desa sindanglaya yang terlihat ada kenaikan debit air yang dapat mengakibatkan banjir setelah diguyur hujan, air yang berada di saluran air pun mengalir dalam keadaan normal.


Disamping itu juga tim patroli SAR menghimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar saluran air agar tetap waspada dengan cuaca yang sekarang sudah sering terjadinya hujan setiap harinya dan jangan membuang sampah sembarangan ke dalam saluran air agar tidak menyumbat aliran air.


Selain itu anggota juga melaksanakan pengecekan di tebing rawan longsor di desa sindanglaya Cipanas Cianjur, terpantau aman tidak ada pergerakan tanah yang membuat terjadinya longsor.


Ditempat terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan, “Kegiatan SAR yang dilakukan oleh Kompi 4 Batalyon B Pelopor ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir khususnya di wilayah Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur dengan melaksanakan patroli dibeberapa tempat yang di anggap rawan bencana banjir, kami juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang berada di lingkungan sekitar saluran air untuk selalu waspada jika terjadi hujan”, ucapnya.


“Kami juga sudah menyiapkan personil serta peralatan yang dimiliki oleh kesatuan jika terjadi suatu bencana yang membutuhkan personil dari anggota Sat Brimob Polda Jabar, dan mereka sudah siap untuk digerakkan”, tutup nya.

(21/03/2022)

Hb 048

HMS