*


KB CIAMIS" bhayangkara news id " Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra menghadiri acara peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Halaman Masjid Al Huda Desa Langkapsari Kec Banjaranyar, Sabtu malam (05/02/2022). 


Dalam acara tersebut juga Wabup Ciamis berkesempatan meresmikan bangunan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al Huda yang berlokasi di Blok Cibeet Dusun Karangmulya Desa Langkapsari Kecamatan Banjaranyar. 


Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Ciamis dengan didampingi Camat dan segenap Jajaran Tokoh Agama. 


Dalam sambutanya, Wabup Ciamis mengapresiasi jajaran panitia atas telah diresmikannya bangunan Madrasah Diniyah tersebut. 


Ia mengungkapkan, masyarakat harus bersyukur bahwa dengan adanya DTA ini berarti ada yang membina dan mengarahkan anak-anak sebagai generasi muda kepada jalan keselamatan di dunia maupun di akhirat. 


"Kita harus berbahagia, dengan hadirnya madrasah di lingkungan kita ini paling tidak ada yang menyelamatkan anak-anak kita baik di dunia maupun di akhirat," Ucapnya. 


Dikatakan Wabup, anak-anak harus di didik sesuai dengan jamanya sebagaimana yang diajarkan oleh Ali Bin Abi Thalib.


"Ali bin Abi Thalib mengajarkan pada kita untuk mengajari anak-anak kita sesuai dengan jaman nya, dan itu menandakan bahwa ilmu pengetahuan sangat dinamis," ujarnya.


Ia menerangkan bahwa cara mendidik anak dibagi kepada 3 tahapan yakni usia 1- 7 tahun, 7 - 14 tahun dan 14 - 21 tahun, dengan pola ajar yang berbeda.


"Usia 1 - 7 tahun perlakukan mereka seperti raja dengan lemah lembut, usia 7 - 14 tahun perlakukan seperti tawanan agar mereka tahu mana yang benar dan yang salah, terakhir usia 14 -21 tahun perlakukan mereka seperti sahabat, " jelasnya.


Wabup berharap agar para orang tua dan para tenaga pengajar dapat menerapkan pola ajar tersebut untuk menciptakan generasi penerus yang lebih baik.


Terakhir Wabup juga mengajak di peringatan Isra Miraj ini agar dijadikan moment untuk sama-sama meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. 

( Hb 048)