sampah sampai saat ini masih menjadi masalah yang besar
Photo: Sekjend KOMPI Indonesia

MEDAN [bhayangkaranews.id] - KOMPI Indonesia bergerak cepat dalam penanganan sampah di Kota Medan dan Deli Serdang dengan mengunjungi tempat pengelolaan sampah TPS 3R SMJ Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak. Dalam kunjungan kerjanya KOMPI Indonesia melakukan pemetaan ekonomi kreatif untuk mendesain kerangka program Kampung Iklim di Sumatera Utara dan khususnya di Kota Medan serta di Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Deli Serdang. 

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 97 tahun 2017 tentang strategi dan kebijakan nasional pengelolaan sampah rumah tangga, maka dari itu KOMPI Indonesia langsung bergerak cepat membantu program pemerintah dalam penanganan sampah masyarakat dengan melakukan kunjungan ke masyarakat dan memberikan edukasi yang bermanfaat ke masyarakat agar masyarakat bisa melakukan pemilahan sampah, sehingga proses daur ulang sampah semakin tumbuh pesat.

Pengelola TPS 3R SMJ Desa Selemak Pak Bahtiar mengatakan "sampah sampai saat ini masih menjadi masalah yang besar sehingga kalau sampah tidak kita kelola dengan benar maka yang terjadi adalah sebuah kota yang kumuh dan banjir terus-menerus kita hadapi selama musim hujan tiba. dengan adanya TPS 3R SMJ yang saya bangun dan Bank Sampah SMJ yang saya bina, maka volume sampah di kota dan di desa akan berkurang dan sampah akan tertampung sehingga sampah tersebut di TPS 3R SMJ akan di kelola di daur ulang menjadi bermanfaat untuk masyarakat. Ujarnya"

Kunjungan Kerja KOMPI Indonesia ke TPS 3R SMJ dan ke Bank Sampah SMJ untuk melihat sejauh mana kesiapannya dalam penanganan sampah di Sumatera Utara. Perlu diketahui dengan membangun TPS 3R SMJ ini adalah membantu memperpanjang umur Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan sekaligus sebagai bahan edukasi. [Red]