*



*KB  Ciamis" bhayangkara news id "- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis H Tatang,  membuka acara Forum Lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis tahun 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis, Jl Stasiun nomor 18, Ciamis, Rabu (9/3/2022).


Kegiatan forum lintas perangkat daerah ini diikuti secara luring oleh seluruh pejabat SKPD, sementara para Camat se-Kabupaten Ciamis mengikuti secara online.



Sekda Ciamis dalam sambutannya mengatakan forum lintas perangkat daerah bertujuan untuk memperoleh masukan dari aparatur perangkat Daerah. Hal ini dilakukan dalam rangka penajaman target kinerja, sasaran, program dan kegiatan, lokasi serta kelompok sasaran kedalam rancangan renja perangkat daerah. 


Selanjutnya, Tatang menjelaskan, sebagaimana dijelaskan dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017 bahwa tata cara evaluasi rancangan Perda tentang RPJPD dan RPJMD serta RKPD harus melewati beberapa tahapan, termasuk forum lintas perangkat daerah.


"Forum Lintas Perangkat Daerah ini dimaksudkan untuk merumuskan program prioritas pembangunan yang dibutuhkan bagi rencana kerja pemerintah daerah pada tahun yang akan datang,” jelasnya.



Dalam penyusunan RKPD ini, Tatang menerangkan akan memadukan antara rencana kerja SKPD sebagai pendekatan teknokratis dengan hasil musrenbang tingkat kecamatan yang merupakan pendekatan secara ‘bottom-up planning’.


Untuk mencapai rumusan tersebut, menurutnya perlu diadakan langkah-langkah sinergis, terpadu, kolaboratif dan inovatif antar SKPD. Sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam upaya pemecahan masalah yang masih dihadapi, dengan memperhatikan  isu strategis di lingkungan yang lebih luas. 


“Semua rancangan berpedoman pada arah kebijakan yang sesuai dengan visi dan misi Bupati Ciamis tahun 2019-2024. Selain itu juga mempertimbangkan berbagai asumsi serta hasil evaluasi,” urainya.


Terakhir, Sekda Ciamis pun mengungkapkan, dalam konsep pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2023 mengusung tema " Penguatan Ekonomi dan Sosial Masyarakat Menuju Kemandirian’.


“Semoga berbagai program prioritas yang disusun, nantinya bisa terealisasi dengan baik di tahun 2023 mendatang,” tutupnya. 

( Hb 048)

Hms