*


KB Ciamis* bhayangkara new id "-
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Ciamis, Kamis (22/4), pagi.


Apel tersebut diikuti oleh Jajaran Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, serta instansi terkait lainnya. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam kesempatan tersebut, membacakan amanat Kapolri Listyo Sigit Prabowo.


“Pengaman Idul Fitri akan dilakukan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai tanggal 9 Mei 2022,” katanya.


Sementara untuk fokus pengamanan yakni sebanyak 101.700 objek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara. 


“Operasi ini melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait.  Diantaranya Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, Damkar, Linmas, Senkom dan instansi lainnya,” paparnya.


“Kekuatan personel pengamanan tersebut akan ditempatkan pada 1.710 Pos Pengamanan dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu,” tambah Herdiat.


Terkait hari libur nasional, Herdiat pun memaparkan bahwa pemerintah pusat telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri tahun 2022 jatuh pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022. Selanjutnya, cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan  4 

sampai 6 Mei 2022. 


"Pada Idul Fitri tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran aturan. Kegiatan mudik pun tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan 

masyarakat yang melakukan perjalanan mudik," imbuhnya. 


Selain pengamanan arus mudik, Bupati Ciamis ini pun menginstruksikan agar di setiap Pos Pengamanan akan dilengkapi tenaga kesehatan. Herdiat pun menghimbau agar masyarakat yang hendak mudik untuk taat aturan lalu lintas.


"Himbauan saya kepada masyarakat ciamis yang hendak mudik agar taat berlalu lintas dan tetap menjaga protokol kesehatan,” tegasnya/


Herdiat pun mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat-2022.


“Semoga melalui Apel Operasi Ketupat 2022 stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar,” tutupnya. 

Hh048

HMS