MEDAN.(Bhayangkaranews.id). Pramuka atau disebut Pandu atau diluar negeri dikenal dengan nama scout adalah merupakan sebutan bagi anggota suatu organisasi, apakah itu namanya Gerakan Pramuka atau Kepanduan atau bahkan disebut juga Scouting Movement. Organisasi ini adalah organisasi pendidikan nonformal, melengkapi pendidikan informal dilingkungan keluarga dan masyarakat serta pendidikan formal disekolah.

Organisasi ini bukanlah organisasi sosial, dalam arti organisasi yang memberikan bantuan sosial. Namun dalam kegiatannya para anggota Gerakan Pramuka banyak melakukan kegiatan bakti sosial atau bakti kemasyarakatan, Sebagai contoh nyata baru-baru ini Para Pelatih Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan melakukan kegiatan Pembagian Bantuan Sosial berupa Sembako yang dikonsentrasikan kepada tukang becak, grab atau pun gojek. Lokasi kegiatan tersebut dilaksanakan di seputaran Medan Johor, Sabtu (23/04/2022), dan kegiatan tersebut dilaksanakan pada jam 15.00 wib sampai selesai.



Aksi-aksi bantuan sosial yang dilakukan oleh Pelatih Pramuka Kwarcab Kota Medan, karena kegiatan seperti itu merupakan bagian dari Kode Kehormatan yang harus ditaati oleh seorang pramuka. Kode Kehormatan yang berbentuk Try Satya dan Dasa Dharma Pramuka, dengan tegas menyebutkan bahwa seorang pramuka harus siap memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkannya, "Menolong Sesama Hidup dan Ikut Serta Membangun Masyarakat". dan juga merupakan perwujudan dari pengamalan Dasa Dharma Ke dua "Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia." ini menjadi kalimat-kalimat kunci dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat bakti sosial. 

Rangkaian kegiatan ini bukan hanya Pembagian Bantuan Sosial saja, melainkan juga ada acara buka puasa bersama para Pelatih Pramuka Kwartir Cabang Kota Medan. Buka Puasa bersama ini dilakukan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama Pelatih Pramuka Kwarcab Kota Medan, acara tersebut dilaksanakan pada jam 17.00 wib di lokasi Aula Kwarcab Kota Medan. Acara buka puasa bersama tersebut diisi dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh Ustadz Fadlan Fuadi S.Hi. 

Ka. Kwarcab Pramuka Kota Medan Kak Husni sangat mengapresiasi dan menyambut baik acara kegiatan pembagian Bansos dan Buka Puasa Bersama yang dilakukan oleh Para Pelatih Kwarcab Kota Medan, kegiatan ini dilakukan agar Para Pelatih Pramuka Kwarcab Kota Medan tetap menjadi seorang yang menanamkan karakter untuk para Pembian Pramuka Kota Medan dan seluruh anggota Gerakan Pramuka lainnya. Berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat lebih meningkatkan dan mempererat persatuan dan kesatuan serta menjalin kebersamaan dan keakraban antar Pelatih Pramuka Kwarcab Kota Medan. Ungkap Kak Husni.

Kakom Binawasa Kak M. Hanafi Chan mengatakan, "Terimakasih kakak ku para Pelatih yang sudah hadir dalam acara tersebut, semoga Allah SWT dapat membalas semua kebaikan kakak Pelatih Pramuka Kwarcab Kota Medan, mudah-mudahan kedepan Pelatih Pramuka Kwarcab Medan lebih baik lagi silaturahminya". ujar beliau. 

Lalu Kak Hanafi juga mengungkapkan "Berbuat baik di bulan Ramadhan jangan putus asa, kalau untuk yang baik walaupun ada yang suka dan ada yang tidak suka, tetap terus kita lakukan. Allah SWT tidak tidur, Dia mencatat terus apa pun kebaikan yang kita lakukan, makasih saya ucapkan kepada kakak ku yang tangguh di komisi binawasa yang gak pernah putus asa. Semoga Allah SWT melimpahkan rezeki yang berlimpah dan kesehatan untuk keluarga kakak ku, dan makasih juga kepada kaka Pelatih yang selalu hadir dalam setiap kegiatan Pelatih Pramuka Kwarcab Medan." Tegas beliau. (Red)