KB Ciamis -" bhayangkara news id "
Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Ratusan Personel Gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2022 tingkat Polres Ciamis Polda Jabar. Apel Gelar Pasukan tersebut digelar di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022).


Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2022 dipimpin langsung oleh Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya dan dihadiri oleh Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., dan Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., serta Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Tatang.


Adapun peserta yang mengikuti apel terdiri dari anggota Kodim 0613/Ciamis, Subdenpom III/2-3 Ciamis, dan TNI AL, BPBD, Damkar, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Ciamis. Sementara dari Kepolisian terdiri dari personel Polres Ciamis ditambah personel Brimob Batalyon D Cineam.



Pada kesempatan tersebut, Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Dimana Kapolres berpesan untuk ditiadakan larangan dan penyekatan mudik. Semoga pelaksanaan operasi tahun ini tidak ada penularan Covid-19 khususnta di wilayah Kabupaten Ciamis.


Selain itu, selama Operasi Ketupat Lodaya 2022 juga tetap akan dilaksanakan KRYD dalam rangka upaya deteksi dini potensi kerawanan dan keamanan. Keamanan misalnya termasuk kelancaran lalu lintas juga keamanan kejahatan konvensional itu sudah diantisipasi.


Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., mengatakan, Operasi Ketupat Lodaya 2022, Polres Ciamis mendirikan 8 Pos yang tersebar di wilayah Kabupaten Ciamis. Kedelapan Pos itu terdiri dari 1 Pos Terpadu, 2 Pos Pelayanan dan 5 Pos Pengamanan.


Untuk Pos Terpadu berada di pusat kota Kabupaten Ciamis yaitu Alun Alun Ciamis. Sedangkan untuk Pos Pelayanan berada di wilayah Cihaurbeuti dan Karangkamulya. Sementara untuk Pos Pengamanan berada di Cisaga, Banjarsari, Sindangkasih, Panjalu, dan Kawali.


"Pos tersebut didirikan untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik. Baik sebagai sarana informasi, tempat istirahat sementara hingga pelayanan kesehatan berupa vaksinasi. Sehingga pemudik merasa nyaman dan aman melakukan perjalanan menuju kampung halaman melalui jalur Kabupaten Ciamis," kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro seusai Apel Gelar Pasukan.


Kapolres Ciamis berharap pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2022 khususnya di wilayah hukum Polres Ciamis berjalan aman dan lancar. Selain itu juga terbebas dari penyebaran Covid-19.


"Lakukan mudik lebaran 2022 ini dengan tetap selalu waspada penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melakukan vaksinasi booster dan menjalankan protokol kesehatan. Selain itu tetap selalu perhatikan faktor keselamatan dalam berkendara agar selama sampai kembali lagi ke kota," katanya.

Hb 048/dded.

HMS