Kb Ciamis " Bhayangkara news id"  Desa Cimari kecamatan cikoneng kabupaten ciamis dalam rangka hari jadi desa, Cimari  yang ke 90 cukup gebyar serta meriah. 

Acara tersebut bertempat di embung. Situ Rancabala Bekula kampung jalatrang desa Cimari kecamatan cikoneng kb ciamis ,turut hadir wakil bupati ciamis YANA D PUTRA,, muspika kecamatan, polsek  cikoneng, koramil cikoneng serta para tokoh masyarakat , 28/5/2022
Kades Cimari Riki Riyana " Menyampaikan ke awak media waktu di wawancara di lokasi ini dalam Merangka hari jadi atau Milangkala Desa Cimari ke 90 sekaligus menggali potensi Dinasti wisata dan budaya desa Cimari,  Cimari itu terdri dari tujuh tokoh , semntara nama Cimari itu  diambil dari seorang tokoh perempuan  yang bernama nyimas Cimari. Kata kades. 

Lanjut kades " Tujuan nya dalam Merangka Milangkala ini untuk mengenang para pejuang tokoh dulu kita serta menggali kebudayan sehingga menjadi Dinasti wisata dan mengangkat UMKM masyarakat desa Cimari, acara ini kami akan gelar setiap tahun nya, tutur  riki kades Cimari. 
Alhamdulilah Milangkala desa Cimari ke 90 turut hadir wakil bupati ciamis dan para tokoh masyarakat Cimari , di acara ini kami isi dengan lomba liwet, ngagubyag serta seni pencak silat kami pun yang ikut loba akan di kasih hadiah dolpres, dan alhamdulilah masyarakat desa Cimari antusias dan kompak dalam Merangka Milangkala ini, terang kades. 

"Ditempat  yang sama ketua pokdarwis ,H ,yayan  menambahkan "ini dalam Merangka bedah kuluwung sekaligus hari jadi desa Cimari, Karna emang membuat tradisi tahunan ( Bakula) bedah kuluwung rancabala pada intinya dengan tujuan untuk mendekatkan antara masarakat  dan pemeritahan desa serta pihak pihak yang lain, ucap yayan
Rencana kedepan nya akan menjadi acara tahunan setelah hari raya idul pitri dan mudahan bisa menjadi Dinasti wisata serta mendongkrak UMKM masyarakat desa  Cimari serta menjadi PAD desa  ,  alhamdulilah ada nya embung situ Rancabala ini sangat membantu mengairi area pesawahan petani masyarakat desa Cimari , tandas yayan. 

Di waktu yang sama H Dudung tokoh masyarakat Desa Cimari ,, Desa Cimari emang satu riwat sejarah tokoh dulu yang dimana berdasarkan sejarah diambil dari sebuah tokoh putri yang bernama nyimas Cimari  yang terungkap oleh para tokoh Cimari pada sekitar  tahun 2005 , dan alhamdulilah makaom keramat nya pun masih ada di sekitar daerah desa cimari yang bertempat di dusun jalatrang , terang nya 
" Kami sebagai warga nya atau tokoh di Cimari tentu merasa bangga  menunjukan satu memiliki klater kebersamaan,kekompakan  di sisi SDM nya di desa Cimari yang akan mampu bisa merubah dan mendongkrak dari sistem dan iko sistem sesuai potensi nya , ,Contoh nya salah satu mengangkat sejarah asal muasal nama desa Cimari dan Salah satunya yaitu situs situ Rancabala Bekula yang punya tujuh mata air , kata nya. 

Tanggapan dari pemerintah dari propinsi mau pun pusat sangat mengapreasi sekali dengan ada nya embung ini karna ini membantu bagi para warga masyarakat husus nya untuk petani. Pungkas tokoh masyarakat, H Dudung

Hb048
Kepala biro jabar.