Medan. (Bhayangkaranews.id)- Kehadiran Tempat Pembuangan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang tidak hanya menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan sampah tetapi mampu menjadikan tempat edukasi dalam Pelatihan Pengolahan Pemanfaatan Sampah (P3S), bagi masyarakat setempat, pusat pengelolaan limbah sampah itu dapat menginspirasi warga untuk memahami penanganan sampah secara berkelanjutan sehingga warga dapat lebih menjaga lingkungan. 

Seperti yang dilakukan oleh Pak Bahtiar baru baru ini di lokasi TPS3R SMJ Desa Selemak Kec. Hamparan Perak. Pak Bahtiar selaku Ketua Yayasan Elang Memega Indonesia (YEMI), mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Desa Selemak seperti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan Kolektor Sampah, melakukan kerjasama menggelar Pelatihan Pengolahan Pemanfaatan Sampah bersama dengan Kolektor Sampah di lokasi TPS3R Desa Selemak. 

Materi pelatihan yang dilakukan oleh Pak Bahtiar bersama kolektor sampah adalah bagaimana cara mengolah sampah organik menjadi Bio Trasth, sehingga para kolektor sampah tersebut mampu mengerti dan memahami tentang pengolahan sampah organik tersebut, jadi tidak hanya mengangkat sampah saja tetapi bisa juga mengolah sampah organik menjadi sumber uang tambahan buat mereka, harapannya mereka para kolektor sampah bisa menerapkannya dirumah sendiri dan mampu memberikan edukasi dengan tetangganya, yang lebih tepatnya lagi para kolektor sampah akan menjadi salah satu pejuang iklim. 

Ketua LPMD Desa Selemak pak Junata mengatakan "saya sangat mengapresiasi tinggi tentang kegiatan yang dilakukan oleh pak Bahtiar, positifnya sangat bagus, keberadaan sampah-sampah bisa didaur ulang kembali menjadi bermanfaat terutama para kolektor sampah yang menjadi ingkam tambahan buat mereka atau ingkam tabungan, walaupun jangka panjang atau pertiga bulan hasilnya baru bisa dimanfaatkan tetapi hasilnya jelas dan memuaskan". ungkap beliau.

Beliau juga mengatakan "Harapan saya kedepannya YEMI bisa melakukan edukasi tersebut kepada seluruh masyarakat yang ada di Desa Selemak khususnya dan masyarakat di Kecamatan Hamparan Perak Umumnya, sehingga mereka bisa mengolah sampah organik menjadi bermanfaat dan mampu memilah sampah non organik dimulai dari rumah sendiri". tegasnya.

Pak Abdi Sumantri selaku Pembina Yayasan Elang Memega Indonesia mengatakan "saya sangat mengapresiasi kegiatan Pelatihan Pengolahan Pemanfaatan Sampah (P3S) yang di pimpin oleh pak Bahtiar tersebut, semoga kedepannya kegiatan tersebut berjalan sukses dan berhasil serta dapat melahirkan pejuang-pejuang iklim yang baru di tengah-tengah masyarakat dan mampu memberi manfaat untuk masyarakat terutama masyarakat di Desa Selemak tersebut". ujar Pembina Yayasan Elang Memega Indonesia. (Red)