Ciamis " Bhayangkara news id "- Polres Ciamis Polda Jabar melakukan rekayasa arus lalu lintas kendaraan yang hendak menuju ke wilayah Barat melalui Ciamis menggunakan jalur Cirebon atau Tol Cipali. Rekayasa ini dilakukan untuk mengurai penumpukan kendaraan yang terjadi di wilayah Limbangan dan Gentong. 

"Untuk mengurangi beban di Limbangan dan Gentong, kita berikan alternatif yang melewati Ciamis mau ke Barat itu melalui Jalur Cirebon atau Cipali," kata Kapolres Ciamis Ajun Komisaris Besar Polisi Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., kepada awak media saat disela pemantauan pengalihan arus lalu lintas di Alun Alun Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat siang (6/5/2022).
Kapolres Ciamis menjelaskan, pantauan arus balik siang ini di wilayah Kabupaten Ciamis sudah ada. Untuk itu pihaknya bersinergi dengan Polres tetangga yang dikoordinir Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar agar tidak terjadi kemacetan panjang.

Sehingga, lanjut dia, Polres Ciamis melakukan pengalihan arus kendaraan dari arah Timur menuju Barat melalui jalur Tol Cipali. Di persimpangan Alun Alun Ciamis ini salah satu jalur rekayasa arus lalu lintas ke arah Cipali.

"Tadi kita sudah alihkan sepenuhnya kesana. Selain itu, pengendara yang memilih jalur Cipali juga banyak. Karena pengendara juga sudah banyak mendapatkan informasi bahwa di Jalur Nasional limbangan dan getong volume cukup banyak," tutur Kapolres Ciamis.
Kapolres Ciamis menambahkan, nantinya kendaraan yang mengarah ke Barat melalui jalur Cirebon masuk ke Jalan Tol Cipali. Disana juga diberlakukan one way dari Timur ke Barat agar tidak terjadi penumpukan kendaraan karena saat ini masuk arus balik Libur Lebaran 2022.

"Nantinya pemudik melalui jalur Cipali akan masuk tol. Dan di tol dilakukan one way," tutur Kapolres Ciamis didampingi oleh Wakapolres Ciamis, Kasi Propam, Kabag Ops, Kasat Lantas dan Kasi Humas Polres Ciamis dari kawasan Alun Alun Ciamis.

Hb048
Hms