Bhayangkara news id "Dalam Rangka Memantau Langsung Persiapan Arus Balik Libur Hari Raya Idhul Fitri H+3 di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan , Rabu, 04/05/2022.

Segenap Rombongan Mentri, Yakni Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi , Mentri BUMN Erik Thohir, Muhadjir efendi Mentri pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( PMK), KAKORLANTAS POLRI Firman Santyabudi dan Dirut PT ASDP Ira puspadewi Tiba di Pelabuhan Bakauheni, Disambut Langsung oleh Guburnur Lampung Arinal, Kapolda Lampung Irjen.Pol Hendro Sugianto dan Suharto General Manager PT ASDP INDONESIA FERRY CAB BAKAUHENI.

Data Posko 24 Jam pada 3 Mei 2022 pukul 08.00 WIB hingga 4 Mei 2022 pukul 08.00 WIB atau HH mencatat baru 42.165 orang telah menyeberang dari Bakauheni menuju Merak, diikuti kendaraan roda dua sebanyak 2.640 unit, roda empat sebanyak 5.771 unit, 179 unit bus, 324 unit truk. Sehingga total seluruh kendaraan yang telah menyeberang dari Sumatera menuju Jawa pada HH sebanyak sebanyak 8.914 unit.

“Untuk H+1 kondisi arus kendaraan dan penumpang yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni masih relatif ramai lancar. Perkiraan kami, sekitar tanggal 6-7 Mei besok baru akan dimulai terjadi peningkatan,” ujar Dirut ASDP Ira Puspadewi.

Menhub Budi Karya mengatakan bahwa Pelabuhan Panjang, Lampung menjadi pelabuhan alternatif khusus menampung kendaraan logistik dan penumpang, menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Banten pada arus balik. “Untuk menekan antrian, kendaraan logistik diarahkan langsung ke Pelabuhan Panjang. Disini ASDP bisa memberikan rekomendasi jika kepadatan sudah kuning bisa langsung geser ke Panjang, jadi jangan tunggu sampai merah. Termasuk pemudik sepeda motor penumpang, dari sekitar wilayah Tanjung Karang langsung diarahkan ke Panjang saja,” tutur Menhub.

Budi karya Sumadi Mengatakan Berdasarkan analisis dari tren mudik, bahwa arus puncak mudik tahun ini terjadi pada H-3, H-2 dan H-1. Sedangkan untuk arus balik pada mudik kali ini akan terjadi lonjakan pada H+6, H+7 dan H+8 akan terjadi lonjakan penumpang.

“Oleh karena itu kami sampaikan kepada Kapolda dan Gubernur Lampung agar menghimbau kepada masyarakat untuk arus balik mudik tahun ini dapat dilakukan lebih awal atau setelah H+8.” Ucapnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy menilai adanya alternatif pelabuhan tambahan di luar Bakauheni untuk mereduksi antrian sangat bagus, sehingga dapat memperlancar arus pergerakan kendaraan, khususnya truk logistik. Harapannya agar masyarakat yang kembali menyeberang dari Sumatera ke Jawa dapat terlayani dengan maksimal”terangnya

Sementara Mentri BUMN Erik tohir menyampaikan untuk saat ini penyeberangan logistik atau Truck meningkat sebanyak 116 persen ditambah lagi kendaraan Roda Empat (R4) meningkat sampai 27 persen.

” ini merupakan bukti nyata bahwa indonesia telah bangkit dari Covid-19 yang telah berlalu, sekaligus membuktikan tingkat perekonomian masyarakatpun meningkat.” Ujarnya

Agar pelayanan terhadap masyarakat meningkat, lanjut Erick Thohir, kedepan kami bersama Polri dan pemerintahan daerah akan menggambarkan ulang apakah pelabuhan Bakauheni – Merak ini akan tetap di fungsikan sebagai pelabuhan penyeberangan mobil dan motor dan berikut logistik ataukah angkutan logistiknya akan dipindahkan ketitik lain”jelasnya.

Selanjutnya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi turut menyampaikan apresiasinya atas upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka melayani masyarakat pada arus balik. “Ini merupakan wujud dari negara hadir untuk melancarkan penyeberangan pada arus balik,” tuturnya.

Ditempat yang sama Kapolda Lampung Irjen.Pol Hendro Sugianti menambahkan agar para pemudik menyiapkan persyaratan Lengkap untuk menggunakan fasilitas penyebrangan di pelabuhan dan bagi para petugas dilapangan Supaya Melayani para pemudik dengan maksimal serta berkordinasi dengan instansi yang Lain, “tegasnya.
06/05/2022
Hb048
Humas