Ciamis - "bhayangksra news id "Personel Polsek Banjarsari Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan sambang ke lokasi pasar hewan ternak di Dusun Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (14/5/2022).

Sambang ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para penjual dan pembeli yang masih berada di kawasan Pasar Hewan Ternak. Mengingat Pemerintah Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan telah mengeluarkan aturan mengenai penutupan Pasar Hewan Ternak di wilayah Kabupaten Ciamis.

Kapolsek Banjarsari Kompol Ma'mun Murod mengatakan, kegiatan sambang yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas Aiptu Suryana di lokasi Pasar Hewan Ternak dalam rangka menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Mengingat Pemerintah Kabupaten Ciamis mengeluarkan aturan sementara terkait penutupan pasar hewan ternak.
"Karena petugas dari dinas meminta tidak ada transaksi jual beli di Pasar Hewan Ternak itu untuk sementara, untuk itu kami hadir mencegah timbulnya gangguan kamtibmas," kata Kapolsek.

Kompol Ma'mun Murod menuturkan, pelaksanaan sambang sekaligus pencegahan gangguan kamtibmas berjalan aman dan lancar. Semua yang berada di lokasi memahami aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah terkait penutupan Pasar Hewan Ternak.

"B para pembeli dan penjual Hewan Ternah melaporkan tidak keberatan dengan kegiatan tersebut, dan satu per satu penjual dan pembeli meninggalkan kawasan Pasar tersebut," tuturnya.

Sebagai informasi, penutupan Pasar Hewan Ternak itu bertujuan untuk menurunkan resiko masuk dan menyebarnya virus PMK. Khususnya di lingkungan Pasar Hewan Ternak dan wilayah Kabupaten Ciamis.
Hb048/deded
Hms