Kb Ciamis -" Bhayangkara news id "Personel Pos Pam Cisaga Operasi Ketupat Lodaya 2022 Polres Ciamis melakukan pengaturan dan pengamanan arus mudik di Simpang Tiga Cisaga, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022).

Pengaturan dan pengamanan arus mudik tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Pos Pam Cisaga AKP Rokhani bersama Perwira Pengendali Lapangan Ipda Radius Windhu A dan melibatatkan sejumlah petugas piket. Sebanyak 7 personel piket Pos Pam Cisaga diterjunkan mengamankan dan mengatur arus lalu lintas di Simpang Tiga Cisaga.

Kepala Pos Pam Cisaga AKP Rokhani mengatakan, volume kendaraan mulai meningkat akibat pergerakan masyarakat untuk menghabiskan waktu berbelanja ke kota besar seperti Tasikmalaya. Personel di Pos Pam Cisaga turun ke jalan untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Simpang Tiga Cisaga merupakan titik bertemunya kendaraan dari jalur utama dan alternatif yang digunakan untuk mudik dan arus balik. Sehingga meningkatnya volume kendaraan tentunya kita kerahkan sejumalh personel Pos Pam Cisaga untuk melakukan pengaturan lalu lintas," katanya.

AKP Rokhani menjelaskan, untuk pantauan arus balik Lebaran 2022 yang melintas masuk ke wilayah Kabupaten Ciamis melalui Pos Cisaga terpantau landai. Volume kendaraan masih didominasi pemudik yang melakukan perjalanan untuk berbelanja ke wilayah Kota Tasikmalaya.

"Pantauan arus balik pemudik di Pos Cisaga masih landai. Hanya aktifitas masyarakat saja yang membuat meningkatnya volume kendaraan," katanya.
AKP Rokhani berpesan kepada para pemudik yang hendak balik dari kampung halaman ke kota masing-masing untuk tetap selalu memperhatikan faktor keselamatan berkendara. Periksa kembali kendaraan anda dan jangan terlalu berlebihan membawa muatan dalam berkendara.

"Jangan terlalu memaksakan diri, jika lelah atau capek beristirahatlah terlebih dahulu. Utamakan faktor keselamatan dan tetap selalu menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sehingga sampai kampung halaman dengan sehat," tandasnya.
Hb048/dded
HMS 
**