*
*CIAMIS*, " Bhayangkara news id "Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka secara resmi bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Gedung Islamic Center Ciamis, Rabu (01/6/2022). 

Dalam sambutannya Bupati Ciamis mengingatkan kepada para jama'ah untuk menjaga kesehatan utamanya mempersiapkan fisik dalam melaksanakan ibadah haji. 

"Ibadah haji memerlukan fisik yang kuat dan prima agar Bapak Ibu dapat melaksanakan semua rangkaian ibadah haji yang telah disyari'atkan dengan baik dan lancar, " Ucap Bupati. 
Apalagi diungkapkannya, kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini sedang musim panas sehingga perlu kesiapan fisik yang benar-benar kuat. 

"Saya titipkan kesehatan karena cuacanya disana sedang musim panas, mudah-mudahan bapak ibu kuat dan bisa melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dengan lancar, " Harapnya. 

Selanjutnya Bupati Herdiat menyampaikan sudah dua tahun lamanya Pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji akibat adanya pandemi dan tahun ini baru dibuka kembali itupun sangat selektif. 
"Bapak ibu patut bersyukur karena banyak sekali saudara-saudara kita yang belum mendapatkan kesempatan berangkat melaksanakan ibadah haji, apalagi saat ini ada ketentuan batasan usia, "terangnya.

Menurutnya, bahwa ibadah haji adalah undangan Allah SWT khusus pada hambanya dan tidak semua orang dapat berangkat meskipun mampu dan punya uang. 

"Meski mampu, sehat dan punya uang belum tentu bapak ibu berkesempatan untuk berangkat, seperti tahun ini, saudara-saudara kita  yang sudah siap berangkat namun tidak jadi karena adanya batasan usia dibawah 65 tahun, " Paparnya. 

"Kepada para calon jama'ah semoga diberikan kelancaran dalam melaksanakan ibadah nya dan dijadikan haji yang mabrur dan mabruroh," Pungkasya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Ciamis Asep Lukman Hakim mengatakan bahwa musim haji 1443 H Kabupaten Ciamis akan memberangkatkan 508 calon terdiri dari  223 laki-laki dan 285 perempuan. 

"Untuk kabupaten Ciamis pemberangkatan dibagi kedalam 2 kloter yaitu kloter 22 dan kloter 34, kloter pertama Insyallah berangkat tanggal 17 Juni sementara kloter ke dua tanggal 28 Juni bergabung dengan Kabupaten Pangandaran dan Bogor, " Ucapnya. 

( hb048) 
Hms