*

*CIAMIS " Bhayangkara news id "Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra membuka secara resmi acara talkshow dan workshop Ciamis Makin Cakap Digital (MCD) bertempat di Cafe Al Baik Kecamatan Cikoneng, Minggu (05/06/2022). 

Makin Cakap Digital (MCD) merupakan salah satu program literasi digital nasional  yang ditujukan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital dan meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia. 

Program tersebut digagas oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan media harapan rakyat. com dan suara.com yang ditujukan pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap institusi. 
Wabup Ciamis, Yana D Putra dalam sambutannya mengatakan bahwa digitalisasi adalah satu keniscayaan yang harus dihadapi bukan dihindari. 

"Perkembangan tekhnologi terjadi sangat cepat dan merupakan satu keniscayaan yang harus dihadapi dan bukan dihindari, " Ucapnya. 

Wabup menuturkan bahwa saat ini seluruh sektor kehidupan telah berbasis digital, tinggal bagaimana menyikapinya apakah menjadi suatu yang bermanfaat atau bermadarat. 

"Sebagaimana kita ketahui hari ini seluruh sektor kehidupan telah berbasis digital, tinggal bagaimana kita menghadapi digitalisaai ini agar bisa membawa manfaat tidak membawa madarat, "terangnya.

"Kegiatan ini adalah sebuah upaya agar digitalisasi ini bisa membawa nilai manfaat bagi kita, " Tambahnya. 

Selanjutnya, Wabup menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kominfo telah menyiapkan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 di 4 sektor strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

"Saya yakin talkshow ini akan memberi pemahaman pada kita tentang bagaimana memanfaatkan digital, utamanya pada pemangku kebijakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya. 

 (Hb048) 
Hms