*

Ciamis" Bhayangkara news id "Bupati Ciamis Herdiat Sunarya hadiri acara Hajat Bumi bertempat di Pondok Pesantren Banyulana, Kecamatan Baregbeg, Ciamis, pada Kamis (23/06/2022).

Kegiatan hajat bumi tersebut merupakan bentuk tasyakur para santri dan masyarakat atas hasil panen yang diperoleh.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pondok Pesantren Banyulana yang telah melakukan inovasi, diantaranya dalam bidang pertanian dan peternakan.
"Atas nama pemerintah daerah kami sangat mengapresiasi kepada pondok pesantren atas inovasi yang telah dilakukan di bidang pertanian, peternakan atau agrikultur yang sangat luar biasa," Ungkapnya.

Bupati Ciamis mengatakan inovasi dibidang pertanian yang dikembangkan oleh pesantren merupakan salah satu harapan pemerintah daerah untuk mendongkrak laju perekonomian. 

"Sebenarnya inilah yang diharapkan pemerintah  daerah, semoga inovasi ini bisa menjadi contoh bagi pesantren-pesantren yang lainnya di Ciamis," Ujarnya.

Ia mengungkapkan para santri tidak cukup  dibekali ilmu agama saja tetapi juga ilmu pengetahuan lain yang sama pentingnya untuk bekal para santri dalam menjalankan kehidupannya dimasa yang akan datang. 
"Sebab tidak semua santri atau alumni akan menjadi mubaligh, mungkin beberapa diantaranya akan ada yang menjadi pengusaha baik d bidang pertanian, peternakan dan lainya," Ungkapnya.

Selanjutnya, dijelaskan Bupati Ciamis bahwa bidang pertanian  merupakan satu-satunya sektor yang bertahan saat pandemi covid-19 dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis menyempatkan untuk berkunjung ke Green House dan kolam Ikan Bioflok yang berada di Ponpes tersebut.

Hb048