*
*CIAMIS"Bhayangkara news id "- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berharap besar agar para Kepala Desa di Kabupaten Ciamis dapat menjadi sosok Great Leader (Pemimpin Hebat) bagi masyarakatnya.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Ciamis saat memberikan materi dan arahan kepada 78 Kepala Desa terpilih tahun 2022 bertempat di Aula BKPSDM Ciamis, Rabu (01/6/2022). 
"Bapak ibu sebagai leader di Desa akan menjadi contoh dan panutan bagi masyarakatnya, oleh karena itu jadilah panutan yang baik dan jadilah Great Leader bagi masyarakat," Ucapnya. 

Bupati menjelaskan untuk menjadi seorang pemimpin yang Great Leader Kepala Desa harus memiliki 6 sifat utama yaitu pertama harus taat beribadah dan kedua harus visioner. 

Selanjutnya ketiga seorang great leader tidak pernah menyerah, keempat mampu menjadi tauladan, kelima mempunyai semangat juang yang tinggi dan terakhir keenam rela berkorban. 

"Kades harus taat beribadah dan berdo'a minimal selalu berjamaah dalam melaksanakan shalat," Ucapnya. 

Ia juga mengatakan bahwa visi misi kepala desa dengan visi misi Kabupaten harus senantiasa Sinergis agar tidak berbeda arah dalam mencapai suatu tujuan. 
"Bapak ibu harus punya cita-cita dan keinginan tentang bagaimana membawa masyarakat 6 tahun kedepan, dan inilah kenapa pemimpin harus visioner, " Terangnya. 

Meski begitu Bupati menyadari bahwa saat ini sedang berada di fase keterbatasan dan kekurangan akibat adanya pandemi Covid 19.

Namun begitu beliau yakin dengan kerja keras semua pihak baik pemerintah Desa maupun pemerintah Daerah maka apa yang telah dicita-citakan akan menjadi terwujud. 

"Saat ini kondisi sedang sulit, namun kita tetap harus optimis, jika  kita kita dapat bekerjasama dan mampu menggerakan masyarakat, bergotong royong, maka apa apa yang kita cita citakan bersama akan lebih mudah terwujud, " Pungkasnya. 

(Hb048) 
Hms