Serang -"bhayangkara news id " Usai memberikan penguatan kepada Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu beranjak ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Serang untuk meninjau secara langsung kegiatan pelayanan publik kepada masyarakat maupun para tahanan, Rabu (8/6/2022).

Kepala Rutan Serang (Dody Naksabani) menyambut langsung kedatangan Inspektur Jenderal Kemenkumham RI yang didampingi Kepala Kantor Wilayah dan Para Kepala Divisi ini. Olehnya, Rombongan langsung diarahkan untuk melihat bangunan cagar budaya dan kegiatan-kegiatan seperti pembinaan, sidang online, kunjungan online, dapur dan blok hunian.
Razilu, selaku Irjen Kemenkumham menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Rutan Serang beserta jajaran karena sudah diajak berkeliling untuk melihat bangunan-bangunan peninggalan jaman dahulu serta berbagai macam kegiatan yang dilakukan para warga binaan. Tak luput, Razilu juga menegaskan agar Jajaran Rutan Serang tetap berikan pelayanan publik yang baik tanpa diskriminasi bagi masyarakat maupun para warga binaan.

“Soyogyanya, ada beberapa hal yang sangat penting dalam mewujudkan zona integritas WBK/WBBM, seperti meningkatkan budaya pelayanan prima, budaya kerja serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia“, ujar Razilu.

Selain itu, Razilu juga menyempatkan menyapa para warga binaan wanita yang sedang merajut kerajinan tangan, yang merupakan salah satu kegiatan pembinaan kemandirian bagi warga binaan Rutan Serang. Rupanya, hasil rajutan para WBP ini berhasil menarik perhatian Razilu.

Kegiatan berlanjut dengan sholat dzuhur berjamaah bersama warga binaan dan jajaran Rutan Serang. Razilu bahkan berkesempatan untuk menyampaikan Tausiyahnya di hadapan Warga Binaan Rutan Serang.
Dalam tausiyahnya, Razilu menyampaikan kepada warga binaan pemasyarakatan untuk aktif mengikuti pembinaan kepribadian maupun kemandirian. Razilu menjabarkan bagaimana menjalani hidup yang akan mendatangkan kebahagiaan dan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Kunjungan kerja Razilu di Rutan Serang diakhiri dengan podcast santai Irjen Kemenkumham terkait kunci keberhasilah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Mashudi 

 (Humas Kemenkumham Banten)