Ciamis -" Bhayangkara news id "Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, Polres Ciamis secara masif melakukan pemantauan kesehatan hewan ternak yang digunakan untuk berkurban di wilayah Kabupaten Ciamis. Pemantauan ini dilakukan dalam rangka antisipasi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku hewan (PMK) ternak.

Pemantauan dilakukan oleh seluruh satuan fungsi dan Polsek jajaran Polres Ciamis. Terutama peran Bhabinkamtibmas dimaksimalkan untuk melakukan pemantauan hewan ternak dari bahaya wabah PMK.

Pemantauan itu seperti yang dilakukan oleh jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis Polda Jabar. Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cipaku melakukan pemantauan ke dua peternakan sapi milik warga di Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (22/06/2022).
Peternakan yang dilakukan pemantauan yakni milik Ujang Didin dan Wawan yang berada di Dusun Cijoho, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku. Pemantauan ini dilakukan bersama Babinsa dan Petugas Kesehatan Hewan Ternak.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., melalui Kapolsek Cipaku Iptu Adharudin mengatakan, pemantauan ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan ternak di wilayah Kecamatan Cipaku sehat dan tidak ada yang terpapar wabah PMK. Selain itu iuga untuk mengimbau kepada pemilik hewan ternak agar segera melaporkan ketika melihat ada indikasi hewan yang terpapar wabah PMK.

"Hasil pantauan anggota kami di Desa Muktisari semua hewan ternak dalam keadaan sehat. Hewan ternak itu juga siap untuk dijual untuk Hari Raya Idul Adha 1443 H," katanya.

Deded
Hms