Ciamis - " Bhayangkara news id "Personel Polsek Panjalu Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakn pengecekan kondisi hewan ternak sapi di wilayah Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan ternak warga ditengah situasi merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku.

Pengecekan dilakukan oleh Anggota Bhabinkamtibmas Bripka Andiasyah Alyasa terhadap ternak milik Endin dan Dede Suhendi di Dusun Hujungtiwu, Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (23/06/2022).

Kapolsek Panjalu Iptu Yaya Koswara mengatakan, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan ternak khususnya di wilayah Kecamatan Panjalu sehat. Selain itu juga untuk mengingatkan peternak agar bisa waspada terhadap bahaya penyebaran PMK.

"Peternakan milik Endin dan Dede Suhendi yang kami kunjungi yakni semua kondisi hewan ternak mereka dalam keadaan sehat. Di peternakan milik Endin terdapat 10 ekor sapi sedangkan di peternakan milik Dede Suhendi sebanyak 4 ekor sapi," katanya.

Iptu Yaya Koswara berharap peran serta masayarakat untuk mencegah penyebaran wabah PMK pada hewan ternak. Salah satunya dengan aktif laporkan ketika menemukan indikasi hewan ternaknya terinfeksi PMK kepada dinas terkait. Sehingga dilakukan penanganan agar tidak lebih meluas dan sehat kembali hewan ternaknya.

Hb/dede-dede
HMS