Ciamis " Bhayangkara news id "- Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan pendidikan masyarakat (Dikmas) tentang Lalu Lintas di lingkungan pendidikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkungan SMA N 1 Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (22/06/2022).

Dikmas Lantas ini dilaksanakan oleh sejumlah anggota Unit Kamsel Satlantas Polres Ciamis. Dimana kegiatan ini dibawah pimpinan Plt. Kasat Lantas Polres Ciamis Iptu M. Hardian Andrianto, STK., S.I.K., M.H., dan Ipda Sandro RS Sitanggang Kanit Kamsel selaku Perwira dilapangan.

 Plt. Kasat Lantas Polres Ciamis M. Hardian Andrianto, STK., S.I.K., M.H., mengatakan, Dikmas Lantas di lingkungan Pendidikan merupakan bagian dari program Kepolisian dalam menciptakan Kamseltibcar lantas di kalangan anak-anak generasi penerus bangsa. Ini bagian dari upaya sedini mungkin mengenalkan tertib dalam berlalu lintas kepada anak-anak.
"Kegiatan ini merupakan implementasi Police Goes to School yang dilaksanakan jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis. Ini juga bertujuan untuk mengingatkan bahwa Kepolisian sedang melaksanakan Operasi Patuh dalam rangka terciptanya Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Ciamis," katanya.

Plt. Kasat Lantas Polres Ciamis menyebut, saat Dikmas Lantas anggota dilapangan menyampaikan tentang apa saja yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2022. Hal yang disampaikan agar tidak dilakukan para siswa maupun pengguna jalan lainnya.

"Kami ingatkan pengendara agar tidak melakukan hal yang menjadi sasaran dari Operasi Patuh Lodaya 2022. Karena itu semua sangat berbahaya saat berkendara baik bagi dirinya sendiri maupun pengguna jalan lainnya," katanya.

"Ada tujuh hal yang harus dihindari pengguna jalan saat berkendara, diantaranya menggunakan ponsel saat berkendara, masih dibawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang untuk R2, tidak pakai helm SNI, dalam pengaruh alkohol/narkoba, melawan arus, dan melebihi batas kecepatan. Itu menjadi sasaran Operasi Patuh agar mencegah terjadinya fatalitas di wilayah hukum Polres Ciamis," tambahnya.

Plt. Kasat Lantas Polres Ciamis berharap Police Goes to School ini dapat lebih mendekatkan Polri dengan siswa-siswi. Selain itu juga dapat menumbuhkan sejak dini tertib berlalu lintas kepda anak sekolah.

"Ini tentunya agar menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas sejak bangku sekolah sehingga apa yang kita inginkan bersama terciptanya Kamseltibcar Lantas dapat tercapi," katanya.

Sebagai informasi, pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2022 ini digelar selama 14 hari. Terhitung sejak tanggal 13 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022 mendatang.

Deded
Hms