*
Kb CIAMIS" Bhsyangkara news id "Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis berpesan kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk turut menggali potensi Desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Ciamis, Dr. H. Tatang M. Pd saat penerimaan mahasiswa KKN Tematik bertempat di Aula Sekretariat Daerah Ciamis, Selasa (21/06/2022). 

Diketahui, sebanyak 79 Mahasiswa IPB akan melaksanakan KKN di Kabupaten Ciamis yang berlokasi di Kecamatan Kawali dan Kecamatan Lumbung. 
"Saya merasa bangga serta penghargaan setinggi- tingginya kepada civitas akademika IPB karena telah memilih Kabupaten Ciamis sebagai tempat pelaksanaan KKN," ucapnya. 

Sekda Ciamis menuturkan sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah sebagai petani, oleh karenannya ia berharap mahasiswa dapat menggali potensi  yang ada khususnya dalam bidang pertanian. 

"Saya berharap dengan pelaksanaan KKN ini mahasiswa bisa mngembangkan potensi yang ada, utamanya dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi Ciamis," Ungkapnya. 

Dijelaskan Sekda, bahwa pertanian merupakan satu-satunya sektor yang bertahan disaat  kondisi pandemi Covid - 19.

"Mudah-mudahan ade - ade dapat membantu masyarakat pedesaan baik di bidang pertanian, peternakan, pariwisata dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan mendukung program pembngunan di Kabupaten Ciamis," harapnya. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Kehutanan dan lingkungan IPB, Dr. Naresworo Nugroho menyampaikan ucapan terimakasih pada Pemda Ciamis atas kesediaannya menerima mahasiswa IPB untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Ciamis. 
"Secara keseluruhan peserta KKN-T IPB tahun 2022 adalah sebanyak 3.332 mahasiswa yang tersebar di 15 Provinsi dan 53 Kabupaten /Kota termasuk salah satunya di Kabupaten Ciamis," ucapnya. 

Ia menuturkan bahwa KKN-T merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa IPB di jenjang pendidikan Strata satu. 

"Untuk di Ciamis sendiri, terdapat 79 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN tepat nya di dua Kecamatan dan 8 Desa, di mulai hari ini 21 Juni sampai 31 Juli 2022 selama 40 hari," Ungkapnya. 

Kegiatan di akhiri dengan pemberian cindera mata dari kedua belah pihak yakni Sekretaris Daerah dan pihak IPB yang diwakili oleh Dekan Fakultas Kehutanan dan lingkungan. 

Hb048