Kepercayaan masyarakat pada Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem Provinsi Sumatera Utara sebagai sebuah wadah penampung aspirasi permasalahan hokum masyarakayt, semakin meluas. Hal ini dibuktikan dengan adanya laporan pengaduan masyarakat Desa Gohor Lama, Kabupaten Langkat untuk mendapatkan Bantuan Hukum atas dugaan Tindak Pidana Korupsi dana desa yang diduga dilakukan seseorang berinisial SD sejak tahun 2014 s.d 2019. Kita akan dalami dan lakukan pengembangan atas pengaduan ini.

BAHU akan  serius menanggapi Pengaduan masyarakat ini, hal ini sudah merupakan komitmen dan dedikasi BAHU sebagai sayap Partai NasDem dalam melayani masyarakat pencari  keadilan. Sejak dibentuk sampai saat ini, BAHU yang di dalamnya bergabung sebanyak 25 Advokat ini, telah melakukan advokasi hukum terhadap beberapa kasus  Kekerasan Seksual Perempuan dan Anak, PKDRT, serta Korupsi, kata Ariffani, SH selaku Ketua DPW BAHU Sumut, didampingi Sofyan Syahputra, SH dan Sukadamai Laia, SH, MH di kantor DPW Partai NasDem Sumut.



Sebagai sayap Partai BAHU mempunyai tugas dan fungsi secara internal Memberikan Bantuan Hukum pada Pengurus, kader Partai Nasdem yang berkonflik dengan hukum baik dalam masalah konflik Pemilihan Legistaif yang akan di gelar di 2024 mau diluar  permasalahn Pilleg. Selain itu, secara ekternal, BAHU diamanahkan untuk turut berpartisipasi dalam memberikan Bantuan Hukum pada masyarakat umum. Upaya ini dalam rangka memperkuat simpatik dan positive respons masyarakat pada Partai NasDem, dengan tujuan akhir Partai Sumut Juara 2024, sebagaimana arah yang disampaikan oleh Ketua DPW Partai NasDem Sumatera Utara.



Aulia Firdaus, SH selaku Wakabid Advokasi dan Bantuan Hukum  bersama Katim Abdul Razak SH dan Zoelfikar, SH, meyampaikan bahwa Dugaan adanya Tindak Pidana Koropsi ini akan kita tindaklanjuti dengan langkah advokasi, koordinasi dengan aparat BPKP, Kejaksaan Tinggi serta KAD Sumatera Utara. Langkah ini kita lakukan setelah mendapatkan informasi, data dan fakta dari klien/warga Gohor lama, yang sudah juga kita lakukan Gelar Perkara secara internal BAHU.  Selanjutnya kita akan memonitor perkembangannya dilapangan, sembari memperkuat data-data lain yang diperlukan. Harapan kita, pelaku yang pencuri uang Negara ini, dihukum seadil adilnya.

Kepada masyarakat, kami menyampaikan apabila mengalami, melihat dan mendengar adanya dugaan tindak pidana, kami persilahan mengadukannya pada Posko Konsultasi dan Bantuan Hukum BAHU Partai NasDem Provinsi Sumatera Utara. Posko ini dapat diakses langsung ke secretariat BAHU di kantor DPW Partai NasDem Prov. Sumut, atau dapat menghubungi Call Centra /WA 0812 84000 409, tegas Alfarius Polintino, SH selaku Wakabid Pelayanan Hukum didamping Wakabid Litbang Yosua TR Panjaitan, SH.,MH. Dok/AA