*
Kb CIAMIS"bhayangkara news id " JADIQUM selenggarakan Khotam Akbar dan do'a bersama menyambut tahun baru Islam 1.444 Hijriah bertempat di halaman Masjid Agung Ciamis, Minggu (24/07/2022). 

Khotam Akbar tersebut merupakan yang ke lima kalinya digelar oleh Jama'ah Dirosah Qur'an Murottal (JADIQUM) Kabupaten Ciamis sekaligus tasyakur Hari Jadi Ciamis yang ke 380.

Kegiatan tersebut diisi dengan Tilawatil Qur'ani, Shalawat Qur'ani, Tawasul Qur'ani serta Tausiyah keagamaan yang disampaikan oleh KH. Nonop Hanapi. 
Mewakili Bupati Herdiat, Wabup Ciamis Yana D Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan JADIQUM Ciamis ini telah membawa kemanfaatan dan kemaslahatan bagi seluruh warga masyarakat Tatar Galuh Ciamis. 

"Apa yang sedang, akan dan telah dilaksanakan oleh JADIQUM ini membawa manfaat dan kemaslahatan bagi masyarakat Tatar Galuh Ciamis, " ucap Wabup Ciamis. 

Apalagi menurutnya kegiatan yang dilaksanakan JADIQUM telah sejalan dengan apa yang menjadi visi misi Kabupaten Ciamis yakni  meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. 
"Insyallah dengan JADIQUM ini kedepan kita akan melahirkan generasi manusia yang hebat, generasi yang mencintai Al Qur'an," Ujarnya. 

Maka dari itu, Wabup Yana berharap keberadaan Jadiqum Ciamis yang diresmikan sejak tahun 2015 ini dapat semakin maju dan berkembang. 

"Semoga ke depan senantiasa mampu mengembangkan sayapnya, yang hari ini jamaahnya tersebar di 12 kecamatan kedepan harus ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis, " Harapnya. 

Sementara itu, Pimpinan umum JADIQUM KH. M. Yusuf Amin mengatakan kegiatan khotam akbar ke 5 tersebut sebelumnya direncanakan akan dilaksankan pada tahun 2020, namun karena adanya pandemi Covid 19 maka baru dapat dilaksanakan tahun ini. 
Beliau menuturkan kehadiran JADIQUM ini juga sekaligus mensukseskan salah satu program yang digagas oleh Bupati Ciamis yaitu program Magrib Mengaji. 

"Hadirnya Jadiqum ini juga untuk mensukseskan program Bupati Ciamis khususnya Magrib Mengaji, selain itu juga memberikan contoh pada anak-anak muda untuk selalu mencintai AlQur'an," Ucapnya. 

Ia melaporkan jamaah Jadiqum saat ini berjumlah kurang lebih sebanyak 15 ribu orang yang tersebar di setiap jemaah masjid dan mushola. 

Hb 048