*
Bandung, - " Bhayangkara news id "Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Siliwangi, Ny. Mia Kunto Arief Wibowo, ratusan prajurit TNI dan PNS Kodam III/Siliwangi, serta masyarakat sekitar melaksanakan Salat Idul Adha 1443 H di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Minggu (10/7/2022).

Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto saat dikonfirmasi di Kantor Pendam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat seusai mendampingi Pangdam melaksanakan Salat Idul Adha.

Lanjut dikatakannya, bertindak selaku Imam dan Khatib pada Salat Idul Adha kali ini adalah Prof. Dr. KH. Dindin Sholahuddin, MA. (Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Inti ceramah pada Khotbah Idul Adha diantaranya, Beribadah yang dilakukan dengan ikhlas karena Allah, seolah-olah melihat Allah, maka itulah standar Ikhsan. Ikhsan menurutnya yaitu puncak kesempurnaan setelah iman dan Islam, yaitu posisi ketika beribadah merasa melihat Allah.

“Kalau kita beribadah merasa melihat Allah, maka pasti kita akan melaksanakan peribadahan itu sesempurna mungkin agar sempurna dalam pandangan Allah, kalau kita belum sampai pada derajat merasa melihat Allah, maka sisi kedua Ikhsan adalah kita merasa benar-benar dilihat oleh Allah, ini yang disebut muraqabah, merasa diawasi oleh Allah, Allah selalu hadir di setiap kegiatan, termasuk semua kegiatan ibadah kita,” tuturnya.

Dikatakannya juga, “Tidak ada balasan  untuk orang yang berbuat baik kecuali perbuatan kebaikan dari Allah dan dari orang yang berhutang budi atas kebaikan kita, kalau kita melakukan kebaikan kepada orang lain pada hakikatnya itu adalah kebaikan untuk diri kita sendiri,” terangnya.

Seusai melaksanakan Salat Idul Adha, Pangdam III/Siliwangi beserta Pejabat Utama Kodam menyerahkan hewan qurban. Untuk kali ini hewan qurban yang diterima panitia, sapi sebanyak 8 ekor dan kambing 3 ekor, disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar serta anak yatim piatu.

Hadir selain Pangdam III/Siliwangi, Irdam III/Siliwangi, Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi, Asrendam III/Siliwangi, para Asisten Kasdam III/Siliwangi, para Kabalakdam III/Siliwangi, Pa Liasion TNI AL, Dandenma, Kasetum, Kasansi serta Kapuskodalopsdam III/Siliwangi. (Pendam III/Siliwangi).

Hb048
Hms