Ciamis " Bhayangkara news id "Personel Polres Ciamis Polda Jabar terus secara masif melakukan pengawasan terhadap hewan ternak di wilayah Kabupaten Ciamis. Pengawasan ini dilaksanakan oleh seluruh satuan fungsi dan Polsek jajaran Polres Ciamis.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran personel Polsek Cijeungjing ke sejumlah kandang ternak di wilayah Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (7/7/2022). Pengontrolan hewan ternak ini dilaksanakan oleh anggota Bhabinkamtibmas Desa Bojongmengger bersama petugas dinas terkait.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., melalui Kapolsek Cijeungjing AKP Alan Dahlan mengatakan, pemantauan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi bahaya penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku hewan. Mengingat beberapa hari lagi akan tibanya Hari Raya Idul Adha.
"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan hewan ternak yang akan digunakan untuk berkurban di wilayah Kabupaten Ciamis dalam keadaan sehat terbebas dari wabah PMK," katanya.

Pemantauan dilakukan terhadap tiga di Desa Bojongmengger. Total ada 3 kandang sapi yang dikunjungi dan terdapat 17 ekor sapi yang diberikan suntik vaksin untuk mencegah dari paparan wabah PMK.

Deded/Hb
Hms