Ciamis "bhayangkara news id "- Polres Ciamis Polda Jabar secara masif melakukan patroli kesejumlah lokasi pasar hewan di wilayah Kabupaten Ciamis. Patroli ini dilaksanakan oleh seluruh personel satuan fungsi dan Polsek jajaran Polres Ciamis.

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang akan digunakan berkurban dalam keadaan sehat dan terbebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku. Patroli ini seperti yang dilakukan oleh jajaran personel Polsek Lakbok di wilayah Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Jawa Barat, Kamis (7/7/2022).
Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., melalui Kapolsek Lakbok Iptu Agus Hartadin Riva'i mengatakan, patroli ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang dijual maupun disembelih dalam keadaan sehat. Serta tidak ada indikasi terpapar wabah PMK.

Pada kesempatan tersebut, kata Agus Hartadin, anggota dilapangan berinteraksi menyampaikan imbauan kepada para peternak agar segera memvaksin sapi dan ternaknya supaya terhindar dari wabah PMK.

"Antisipasi penyebaran wabah PMK, Polres Ciamis selalu berkoordinasi dengan dinas terkait apabila ada hewan ternak bergejala PMK. Tidak hanya itu, jelang Idul Adha 1443 H, Polres Ciamis meningkatkan penjagaan terhadap ternak peliharaan antisipasi pencurian ternak," katanya.

Iptu Agus Hartadin menambahkan, upaya ini dilakukan Polres Ciamis Polda Jabar untuk memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Sehingga kondusifitas di wilayah hukum Polres Ciamis selalu tetap terjaga.

Hb/deded
Hms