*
*Kodam Siliwangi Bersama PT Dahana, Rumuskan Formula Kolaborasi Transfer Informasi, Teknologi Dan Pengetahuan*

Subang,Jabar-" Bhayangkara news id "

Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han., beserta Komandan Yonif 312/KH, Mayor Inf Dede Hermawan dan Komandan  Zipur 3/YW, Mayor Czi Ryan Yustian, melakukan kunjungan ke Kantor Manajemen Pusat PT Dahana yang merupakan Objek Vital Nasional (Obvitnas) di Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto di Kantor Pendam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, Kamis (21/07/2022) seusai mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo Touring meninjau beberapa Sektor Citarum Harum. 
Kunjungan ke PT Dahana tersebut, sambung Kapendam, berlangsung pada Kamis (21/07/2022) dalam rangka silaturahmi dan menindak lanjuti petunjuk Pangdam III/Slw Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo yang sebelumnya telah mengunjungi PT Dahana pada Selasa (12/7/2022) lalu.  

Kedatatangan Dandim 0605/Subang, Danyonif 312/KH serta Danyonzipur 3/YW diterima oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan Suhendra Yusuf RPN yang didampingi oleh Sekretaris, Kepala EMC, Senior Manajer dan Senior Manajer Legal dan Komunikasi PT Dahana. 

Pada kesempatan tersebut, Dandim mengatakan bahwa kedatangannya bersama Danyonif 312/KH serta Danyon Zipur 3 /YW, dalam upaya lebih mengintensifkan lagi hubungan kerja sama di bidang teknologi dengan PT Dahana Persero, hal tersebut dilakukannya secara khusus demi Satuan dan secara umum demi bangsa dan negara.

Sementara itu dalam sambutannya, Direktur Teknologi dan Pengembangan Suhendra Yusuf RPN menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0605/Subang, Danyon 312/KH serta Danyon Zipur 3/YW yang telah berkunjung ke Dahana. Menurutnya, Dahana dengan TNI memiliki kaitan yang sangat erat. Dahana tergabung dengan Defend ID sebagai Holding BUMN Industri Pertahanan, serta kawasan Dahana yang masuk ke dalam Objek Vital Nasional.

“Pada kesempatan kunjungan tersebut pihak Kodam III/Slw dalam hal ini Kodim 0605/Subang, Yonif 312/KH dan Yonzipur 3/YW bersama pihak PT Dahana berdiskusi guna menemukan formula yang tepat sebagai bahan kolaborasi antara Kodam III/Slw dengan PT Dahana dalam hal Transfer Informasi, Transfer Teknologi, dan Transfer Knowledge (pengetahuan),“ ujarnya.
Dalam diskusi tersebut, Dandim Subang membahas tentang simulasi-simulasi apabila terjadi bencana kebakaran di sekitar Dahana kompleks dan keterlibatan TNI beserta stakeholder lainnya dalam penanganan bencana tersebut. Dikatakannya dalam simulasi tidak hanya latihan bersama saja, tapi output nya akan menghasilkan sebuah produk yaitu SOP baru ataupun memperbaharui SOP yang ada.

Senada yang diucapkan Dandim, Danyon Zipur 3/YW, Mayor Czi Ryan Yustian menyampaikan bahwa Zeni memiliki Satuan Nubika dan satuan penjinak bahan peledak, nantinya dapat dilibatkan pada penanganan bencana. Sementara Danyonif 312/KH, Mayor Inf Dede Hermawan menyampaikan bahwa Batalyon Infantri 312/KH siap turut serta dalam merencanakan dan menyiapkan simulasi latihan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Suhendra selaku Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dahana mengatakan, dirinya akan selalu terbuka juga transparansi serta terus berkolaborasi dengan satuan-satuan jajaran Kodam III/Slw dalam melakukan uji dari tiap produk yang telah dibuat oleh PT Dahana.

Hb/deded
(Sumber:Pendam III/Siliwangi).