Ciamis "bhayangkara news id "- Satuan Samapta Polres Ciamis Polda Jabar melakukan pengontrolan hewan ternak ke sejumlah pasar hewan di wilayah Kabupaten Ciamis. Kontrol hari ini dilakukan di Pasar Domba Benteng, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan secara masif oleh anggota Satuan Samapta dalam rangka antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Selain itu juga untuk antisipasi bahaya pencurian hewan ternak menjelang 10 Dzulihijah atau Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah.

Kasat Samapta Polres Ciamis AKP Cecep Edi Sulaeman mengatakan, kontrol hewan ternak ini difokuskan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Ciamis. Selain itu juga bertujuan agar memberikan rasa aman dan nyaman peternak hewan di wilayah Kabupaten Ciamis dari ancaman pencurian hewan ternak.
"Kami secara masif melakukan kontrol terhadap hewan ternak yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya Polri mendukung program pemerintah dalam penanganan bahaya wabah PMK," katanya.

AKP Cecep Edi menambahkan, upaya ini dilakukan Polres Ciamis Polda Jabar untuk memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Sehingga kondusifitas di wilayah hukum Polres Ciamis selalu tetap terjaga.

Hb / deded
Hms