Ziyan Silmi Harahap (Ziyan) siswi Kalas IX-9 SMP Negeri 2 Medan kelahiran Medan, 11 Maret 2008 raih satu emas dan dua perak dalam ajang Kejuaraan Terbuka Tingkat Nasional Sepatu Roda, Bintang Medan Open 2022 "Piala Walikota Medan (30-31Juli 2022) di Taman Cadika Medan. 



Turun di kelas Junior, Ziyan bersaing ketat dengan atlet dari daerah Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Aceh. Raihan emas diperoleh setelah mampu finish lebih dulu di nomor eliminasi 5000m dan dua perak di nomor 500 m dan 1000m.


Saat ini, Ziyan tercatat sebagai atlet binaan Dispora Kota Medan yang kesehariannya menghabiskan waktu di track sepatu roda.


Ziyan yang mengidolakan Joey Mantia atlet sepatu roda asal negeri paman Sam Amerika Serikat menjadi motivasi untuk lebih semangat dalam berlatih. 


"Saya selalu melihat bagaimana Joey Mantia berlatih melalui channel YouTube-nya, dia berlatih begitu keras hingga pantas dia menjadi juara dunia. Saya banyak belajar darinya dan sangat mengidolakannya" ungkap Ziyan


*Potensi terpendam*


Sementara disisi lain atas raihan yang dicapai, pelatih klub Bintang Medan Diva, menguraikan Zyan memiliki potensi terpendam yang bisa digalih lebih baik lagi ke depan.


"Masih banyak waktu untuk menggali potensi terpendam yang dimiliki Ziyan, saya berharap dia (Ziyan) bisa berlatih lebih keras lagi agar potensi itu bisa dikeluarkan dan meningkatkan kecepatan yang dimiliki pada kejuaraan ke depan" Diva menjelaskan.


*Andalan klub Bintang Medan*


Ketua Umum klub Bintang Medan Taufik Budi Lubis, lebih lanjut mengungkapkan rasa syukurnya, lewat persaingan yang sangat ketat akhirnya atlet andalan Bintang Medan ini bisa meraih satu emas dan dua perak pada even nasional sepatu roda piala Walikota Medan ini. Harapannya, Ziyan bisa menjadi motivasi bagi atlet binaan klub Bintang Medan yang lain agar berlatih lebih keras lagi.


“Alhamdulillah, Ziyan mampu meraih satu emas dan dua perak, Ziyan adalah salah satu atlet yang menjadi andalan klub Bintang Medan diharapkan mampu menjadi motivasi bagi atlet binaan klub Bintang Medan yang lain agar berlatih lebih keras lagi, selamat ya Ziyan, bisa meraih hasil yang baik… pertahankan dan tingkatkan,” ucap Budi Lubis di tengah latihan yang sedang berjalan


Lebih lanjut kedua orang tua (Zulfan Effendi Harahap dan Setiawati) merasa kagum dengan para pelatih yang selalu bersemangat memberi bimbingan hingga bisa meraih prestasi terbaik di ajang Bintang Medan Open 2022 Piala Walikota Medan ini. Semoga ke depannya Ziyan berprestasi lebih baik, lebih bersemangat dan bersyukur atas apa yang sudah dicapai. 


"Saya merasa kagum dengan para pelatih yang selalu bersemangat memberi bimbingan hingga bisa meraih prestasi terbaik di ajang Bintang Medan Open 2022 Piala Walikota Medan ini" imbuh Zulfan saat menemani Ziyan saat latihan. AG007