Kb CIAMIS [ bhayangkara news id ] - Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan angka Rata-rata Lama Sekolah (RLS) masyarakat, Pemkab Ciamis melalui Dinas Pendidikan kembali menggiatkan program Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah (GEMAS). 

Strategi akselerasi peningkatan RLS tersebut dilakukan melalui penandatanganan Komitmen bersama oleh Bupati Ciamis, beserta para stakeholder, Forkopimda, Kepala OPD dan instansi terkait lainya, pada Kamis (25/08) di Aula Sekretariat Daerah. 
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan untuk launching GEMAS sendiri sudah dilaksanakan pada tahun 2019, namun karena adanya pandemi, program tersebut menjadi vakum seiring dipendingnya berbagai kegiatan masyarakat. 

"Kemarin tahun 2019, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar atau PKBM ini sudah banyak terbentuk, tapi karena pandemi hampir semua PKBM pasif tidak melaksanakan kegiatan," Ucapnya. 

Dikatakan Bupati, GEMAS ini akan lebih difokuskan pada warga masyarakat Ciamis yang sudah lanjut usia namun belum selesai melaksanakan sekolahnya baik tingkat SD, SLTP maupun SLTA. 

Oleh karenanya, Ia menegaskan perlu kebersamaan dan kolaborasi dari semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat untuk mensukseskan gerakan tersebut. 

"Berikan masyarakat motivasi dan edukasi supaya mau dan mampu melaksanakan sekolah non formal," Ujarnya. 
"Jangan malu jangan minder belajar di PKBM, karena banyak diantara alumni PKBM yang berhasil," Tegasnya. 

Apalagi diterangkan Bupati Herdiat bahwa Rata-rata lama sekolah Kabupaten Ciamis masih berada di bawah rata-rata lama sekolah Jawa Barat. 

"RLS kita saat ini sebesar 7,9 sementara RLS Jawa Barat sebesar 8,6 oleh karenanya kita masih berada dibawah target Jabar," Tandasnya. 

Sementara itu, Kadisdik Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan kegiatan penandatangan komitmen bersama GEMAS ini dimaksudkan untuk membangun komitmen seluruh komponen baik pemerintah maupun stakeholder nya. 

"Kami berharap pemerintah dan seluruh stakeholder dapat melakukan gerakan motivasi masyarakat berusia 25 tahun ke atas yang belum tuntas pendidikannya untuk kembali bersekolah melalui pendidikan kesetaraan baik Paket A, B dan C, " Ucap Kadisdik. 

Ia juga berharap dengan gerakan tersebut banyak masyarakat yang melanjutkan pendidikannya sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Ciamis sebagai kecakapan hidup dalam meningkatkan tarap ekonomi dan yang utama meningkatkan RLS Kabupaten Ciamis. 

Hb048