Sulut -[bhayangkaranews.id], Desa Lelema, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan pada Senin (01/08/2022) merayakan HUT desa ke 190 tahun. Perayaan tersebut dibahas melalui rapat dan musyawarah desa juga dibentuk panitia yang diketuai oleh Eldo Wongkar untuk mempersiapkan perayaan dalam memeriahkan kegiatan tersebut.



Shandy Allan Maindoka selaku hukum tua desa Lelema, beliau menjelaskan bahwa Perayaan Hari Ulang Tahun Desa yang ke-190 tahun, merupakan perdana digelar, artinya ditahun-tahun sebelumnya belum pernah di peringati Hari Ulang Tahun Desa, maka dari itu ia meminta kepada seluruh warga masyarakat Desa Lelema untuk ikut mensupport dan mendukung kegiatan ini, melalui keikut-sertaan diberbagai kegiatan dan lomba yang sementara digelar.


“Saya mengharapkan bahkan mengajak kepada seluruh warga masyarakat Desa Lelema untuk ikut serta dalam memeriahkan berbagai kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun Desa yang ke-190 tahun, ini merupakan bentuk ucapan syukur dari kita warga Desa Lelema,” jelasnya.


Pada hari yang sama 1 Agustus 2022 bersama dengan Badan Perwakilan Desa Lelema melakukan rapat paripurna dalam rangka HUT Desa Lelema Ke-190 Tahun di Kantor BPU Desa setempat.


Beliau menambahkan melalui panitia yang telah dibentuk, telah sementara melaksanakan berbagai kegiatan yang diantaranya Sepak Bola Mini, Bola Volly, Bulutangkis, Lomba dan ada juga lomba – lomba lainnya.


Dan dilanjutkan dengan Ibadah Syukur hari ulang tahun desa yang dibuat di Lapangan Papengkoran Desa Lelema yang dihadiri oleh Bapak Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, S.H, (FDW) Wakil Bupati Bapak Pdt. Petra Yani Rembang (PYR) sekaligus juga menjadi khadim di acara tersebut.


"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan support serta mendukung acara syukur HUT Desa Lelema yang ke-190 Tahun", ucap Kumtua Maindoka.


Kegiatan HUT desa ini, diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Lelema, yang diatur per-Jaga, mendirikan tenda – tenda, dan acara tersebut juga seusai ibadah syukur dilanjutkan dengan pembakaran nasi bulu atau nasija pula dihadiri oleh Camat Tumpaan Tery Lolowang, SE, Kapolsek Tumpaan Pak Rico Wongkar, Pak Danramil Tumpaan dan tamu undangan lainnya.


Kegiatan HUT Desa juga yang dilaksanakan tersebut diikuti pula oleh tim Dance SD Inpres Lelema, serta siswa-siswa yang ada di Lelema, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan mendapat apresiasi dari warga masyarakat.


Usai Ibadah, dilanjutkan dengan foto bersama di tiap – tiap jaga bersama dengan Bapak Bupati FDW dan Wabup PYR, dan peran serta partisipasi aktif dan kerja-sama dari warga masyarakat sangat penting dalam usaha mendukung program kerja pemerintah kedepan dalam Visi Misi dari Program Pemerintah Minsel. (Stevie)