*
Jakarta [ bhayangkara news id ] Institusi Kepolisian Republik Indonesia kini sedang diguncang prahara. Kendati begitu, lembaga penegak hukum ini masih mampu berdiri tegak berkat kepemimpinan yang baik.

Ketum Ikatan Media Online (IMO) Indonesia, Yakub F. Ismail mengatakan, kekokohan institusi Polri ini berkat kematangan kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Yakub menilai, di bawah kepemimpinan Kapolri Sigit, terpaan badai yang datang silih berganti berhasil diatasi dengan baik dan penuh kebijaksanaan.

“Ini bisa dilihat dari munculnya beragam kasus besar yang melibatkan institusi Polri, mulai dari pengedaran narkoba, judi online, praktik-praktik illegal yang sebagian dilakukan oknum polisi berhasil ditangani dengan baik."

Yakub menambahkan, belakangan bukti kemampuan leadership juga ditunjukkan Sigit setelahmencuat kasus Irjen Ferdy Sambo yang bermula dari insiden penembakan terhadap almarhum Brigadir Yoshua alias Brigadir J.

Dikatakan Yakub, kasus Sambo ini tergolong kasus besar yang pernah menimpa Polri. Ia mengatakan, hampir jarang Polri diterpa masalah seberat kasus Sambo ini.

“Permasalahan yang menyeret lembaga kepolisian memang bukan hal baru. Namun, dalam kasus Sambo ini bisa dibilang salah satu yang terberat,” ujarnya saat ditanya awak media di bilangan Jakarta Selatan, Jumat 26/8

Kendati begitu, lanjut dia, masalah ini berhasil ditangani dengan baik, di mana buktinya sejumlah jajaran Kepolisian yang diduga terlibat dalam kasus penembakan Brigadir J berhasil diusut satu per satu.

“Tentu ini merupakan sebuah bukti nyata bahwa Kapolri Sigit merupakan sosok yang tangguh dan matang dalam kepemimpinan. Termasuk di bawah kepemimpinan beliau, Polri pun kian solid,” pungkasnya.

Hb048
Hms