Kb IAMIS [ bhayangkara news id ] Pemerintah Kabupaten Ciamis meraih BKN Award dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk kategori implementasi Norma Sandar Prosedur Kriteria (NSPK) Manajemen ASN Terbaik. 

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Kepala BKN, Supranawa Yusuf kepada Pemkab Ciamis yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum H. Oman Rohman MM di Gedung Sate Bandung, Selasa (23/08/2022). 

BKN Award merupakan penghargaan bagi instansi Pengelola Manajemen ASN Terbaik Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diberikan kewenangan melakukan pembinaan dalam penyelenggaraan manajemen ASN.

Penghargaan diberikan bagi Instansi Pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing, mulai dari aspek pengadaan, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN.

Diketahui, selain Kabupaten Ciamis terdapat 10 Kabupaten Kota lain di Jawa Barat yang mendapat penghargaan dari BKN termasuk Provinsi Jawa Barat. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam sambutannya mengatakan, dari awal Jabar sudah berkomitmen untuk juara. Artinya berprestasi dalam segala aspek, termasuk manajemen kinerja pemerintah.

Emil mendorong kepala daerah yang belum mendapatkan penghargaan agar segera mengejar 11 daerah lainnya. Salah satunya menggenjot pelayanan publik dengan pemanfaatan teknologi digital.

"Kita masih ada sisa waktu satu tahun dan akan kita dorong agar daerah lain juga bisa mendapatkan reward, yang kurang diberi peringatan dan diurus," ujar Emil.

Sementara itu, Asisten Daerah H. Oman Rohman mengatakan pengahargaan implementasi terbaik diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara berdasarkan penilaian, monitoring dan evaluasi terhadap penerapan norma standar prosedur dan kriteria manajemen ASN. 
Penilaian dan monitoring tersebut dilaksanakan oleh seluruh instansi baik kementerian, lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh indonesia yg meliputi 18 aspek penilaian mulai dari perencanaan, pengadaan pegawai, pelayanan kepegawaian sampai dengan pensiun dan perlindungan ASN.

"Pengahrgaan kategori implementasi NSPK manajemen ASN terbaik yang diraih Kabupaten Ciamis merupakan bentuk komitmen, kerja keras dan dukungan Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan seluruh elemen Pemkab Ciamis dalam implementasi manajemen ASN sesuai norma, standar, prosedur dan kriteria yang ditetapkan dalam peraturan perundang undangan", ujar asisten adminstrasi umum Setda. 

Ia berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi kepada seluruh perangkat daerah dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Ciamis. 

"Semoga penghargaan ini dapat lebih memberikan motivasi kepada seluruh perangkat daerah terutama BKPSDM Kabupaten Ciamis untuk lebih meningkatkan kinerja dalam manajemen asn dan manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh SKPD dan ASN kabupaten Ciamis," Harapnya. 

Hb048
HMS