Padang Lawas, [bhayangkara news id] - Kegiatan Sosialisasi Penyusunan Peta  Proses Bisnis (PROBIS) digelar oleh Pemerintah Kabupaten Padang Lawas yang diikuti sekitar 55 orang peserta utusan dari seluruh OPD di lingkungan Pemkab Palas, berlangsung selama dua (2) hari dari tanggal 24 - 25 Agustus 2022 di Aula Hotel Al - Marwah, Jalan KH. Dewantara Sibuhuan, Rabu (24/8/2022).



Ketua Panitia Kapala Bagian (Kabag) Organisasi Sekretaris Daerah Padang Lawas, Nurhafifah, SP,. M.MA dalam laporannya memaparkan, dasar hukum dilaksanakan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permen PAN) RB RI Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Informasi Birokrasi 2020 - 2024.


Juga berdasarkan Permen PAN RB RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang pedoman evaluasi pelaksanaan reformasi biokrasi dan Perman PAN RB RI Nomor 19 Tahun 2018 tentang penyusunan peta proses bisnis Instansi Pemerintah serta Surat Gubernur Sumatera Utara Nomor 061/8042/ORG/ tanggal 21 Juli 2022 perihal penyusunan peta proses bisnis, ungkap Nurhafifah.


Lanjut Kabag Organisasi Pemkab Palas, Nurhafifah menjelaskan, bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini untuk  memberikan pengetahuan dan menambah wawasan mengenai pentingnya penyusunan peta PROBIS dalam Reformasi Birokrasi dilingkungan Pemkab Palas yang merupakan salah satu faktor Reformasi Birokrasi.


Selanjutnya, Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt. MM. M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Drs. Amir Soleh Nasution mengatakan kegiatan ini, sangat penting bagi Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai acuan pelayanan yang menghasilkan layanan yang efektif dan efisien  untuk mencapai nilai tambahan bagi pemangku kepentingan.


Dengan adanya Permen PAN RB RI Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi 2020 - 2024 dan Permen PAN RB RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pedoman Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, maka setiap OPD menyusun peta probis dengan berpedoman pada Permen PAN RB RI Nomor 19 Tahun 2018 tentang penyusunan peta proses bisnis (Probis) di Instansi Pemerintah.


Lanjut Amir Soleh, maka dari itu untuk meningkatkan nilai reformasi birokrasi dilingkungan Pemkab Palas, dokumen peta Probis merupakan salah satu faktor mengangkat nilai reformasi birokrasi.


Dalam hal tersebut perlu dilaksanakan Sosialisasi penyusunan peta Probis dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dengan mengundang narasumber dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, di wakili Bapak M. Fauzi Siregar, S.IP. M.Si dan ibu Muti Sinaga, SE.


Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Aparatur di lingkungan Pemkab Palas dalam menyusun peta  Probis di Instansi masing - masing, tambah Amir Soleh.


"Saya juga berharap masing - masing peserta secara optimal dapat menyerap materi yang disampaikan oleh  narasumber agar dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam menyusun peta Probis ini," katanya penuh harapan. (Yudha M).