Serang-Banten -[bhayangkaranews.id], Kapolda Banten bersama para Pejabat Utama (PJU) Polda Banten mengikuti zoom meeting acara kirab Merah Putih di Ruang Vicon Polda Banten pada Minggu (28/08) sekitar pukul 07.00 Wib.




Pada kegiatan kali ini Kapolda Banten Irjen Pol Prof Drs Rudy Heriyanto didampingi Ketua Forum Inspirasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banten KH. AM. Romly dan Ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) KH. Embay Mulya Syarif serta PJU Polda Banten.



Rudy mengatakan kegiatan pembentangan bendera Merah Putih dilakukan dari Silang Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). "Kegiatan pembentangan bendera Merah Putih diselenggarakan di Bundaran HI. Acara dimulai pukul 07.00 hingga 09.00 Wib adapun rute kirab tersebut dimulai dari Silang Monas hingga Bundaran HI," ucap Rudy.


Kegiatan dengan tajuk Menciptakan Kesatuan Indonesia yang Harmoni itu diwarnai pembentangan Merah Putih sepanjang 1.700 meter oleh 50.000 masyarakat.


Rudy menyebut acara kirab Merah Putih ini dihadiri Presiden Indonesia Joko Widodo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ulama karismatik Habib Luthfi bin Ali bin Yahya. "Acara ini juga akan dihadiri oleh puluhan ribu orang dari berbagai macam elemen masyarakat," ujar Rudy.


Dalam sambutannya Sigit menuturkan, kirab merah putih ini juga masih merupakan rangkaian dalam memperingati momentum Hari Kemerdekaan Indonesia dengan tema 'pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat'. 


"Jadi hari ini kita bersama-sama dengan seluruh elemen bangsa baik dari instansi pemerintahan, kemahasiswaan, ormas-ormas total hari ini yang ikut bergabung kurang lebih 50 ribu orang. Dimana ini kegiatan kirab Merah Putih ini masih bagian dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan," ujar Sigit.


Dalam acara tersebut terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari, parade kirab Merah Putih, pawai, doa lintas agama, tausiah kebangsaan, pembacaan ikrar, hingga hiburan. "Kegiatan tersebut juga akan diisi dengan berbagai macam kebudayaan yang dimiliki Bangsa Indonesia. (Bidhumas Polda Banten) .


Red-Amn.