Humbahas 24/08/2022 (bhayangkaranews.id) Terkait Ruas Jalan Provinsi di Kabupaten Humbang Hasundutan  yang menghawatirkan terutama Ruas Jalan Onan Ganjang  menuju Pakkat  yang longsor di lokasi Desa Arbaan kecamatan Onan Ganjang provinsi sumatera Utara , Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan telah melakukan komunikasi dan Mengirimkan surat  antara lain :


1. Menyampaikan surat permohonan penangggulangan melalui surat nomor 360/641/BPBD/II/2022 tgl 18 Februari 2022 

2. Menyampaikan surat permohonan penangggulangan melalui surat Nomor 360/3019/BPBD/VII/2022 tgl 29 Juli 2022 Perihal Permohonan Penanganan Ruas Jalan Provinsi.



Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah merespon permohonan  pemerintah Humbang Hasundutan yaitu Dosmar Banjar Nahor SE selaku Bupati Humbang Hasundutan, dimana penanganan ruas Jalan Onan Ganjang -Pakkat ,titik longsor terletak di Desa Aek Godang  Arbaan, penangulangannya dilaksanakan pada Tahun 2022 dengan pagu kisaran anggaran kurang  lebih dari 3 Milyar.


Hasil koordinasi Pemkab Humbang Hasundutan melalui BPBD bersama Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu, bahwa progres tahapan penanggulangan dimaksud telah berlangsung proses perencanaan teknis/DED yang dilaksanakan oleh konsultan perencana. 


Dan untuk sementara Bina Marga Provsu melakukan penanganan Darurat berupa kayu Pancang atau Dolken dan membuat Batu Sertu.


Diharapkan apabila proses perencanaan telah selesai, maka  akan segera dilanjutkan proses tender Konstruksi. Melihat kondisi dilapangan, bahwa kondisi jalan sudah menghawatirkan keselamatan lalu lintas, maka Dinas Perhubungan Kabupaten Humbang Hasundutan bersama Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi UPT Doloksanggul telah berkoordinasi untuk melakukan pengalihan lalu lintas, dimana kendaraan dengan tonase 6 ton keatas dialihkan melalui Jalan Pusuk - Parlilitan - Pakkat. Demikian kami sampaikan. (BPBD/Diskominfo)  (JunPur)