Padang Lawas, [bhayangkara news id] - Sat Binmas bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas melaksanaka Sosialisasi dan penyuluhan tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada seluruh Kepala Desa se- Kecamatan Ulu Barumun bertempat di halaman Kantor Kecamatan Ulu Barumun, Selasa (22/8/2022).



Kapolres Padang Lawas, AKBP. Indra Yanitra Irawan, SIK. M.Si menyampaikan arahan yang dibacakan oleh Kasat Binmas Polres Padang Lawas, AKP. Rahmad Saleh Nainggolan mengatakan sesuai dengan maklumat Kapolres Palas Nomor : Mak/01/VIII/2022 tentang  larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Padang Lawas.


"Pembakaran hutan dan lahan merupakan perbuatan kejahatan atau tindak pidana, sebab menimbulkan dampak kerusakan lingkungan, berdampak pada kesehatan, mengganggu kegiatan masyarakat, serta citra bangsa Indonesia di wilayah Internasional sangat buruk," kata Kasat Binmas dalam surat arahan Kapolres Palas.


Dan terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan akan dikenakan sangsi hukum yang berat serta diproses berdasarkan ketentuan perundang - undangan yang berlaku, lanjut Saleh.


Saleh menambahkan, terhadap hutan dan lahan yang terbakar akan dikenakan status QUO sebagai bukti terjadinya kejahatan dan dilarang memanfaatkan/ menanami oleh siapapun sampai ada keputusan hukum yang tetap (Inkracht).


Musim Kemarau yang berkepanjangan saat ini sangat berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, jika tidak disikapi dengan benar serta penuh kehati-hatian, dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah tanpa dipantau, membuka lahan untuk dijadikan kebun agar tidak membakarnya, cetus Kasat Binmas.


Pengalaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan selama ini faktor kelalaian manusia, hal itu yang perlu diantisipasi sejak dini agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan, tutur Rahmad Saleh.


Peyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan personil Sat Binmas Polres Padang Lawas secara tatap muka langsung kepada pemerintahan Desa danm masyarakat maupun dengan menyebarkan selebaran, poster,  spanduk dan baliho, terangnya.


"Kami berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat meningkatkan  kesadaran  masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan seperti pada musim kemarau saat ini,"  ungkap Kasat Binmas.


Hadir dalam sosialisasi ini, Kasat Binmas Polres Palas, AKP. Rahmad Saleh Nainggolan didampingi KBO Binmas, Aiptu. Salimuddin Harahap serta personil Binmas Polres Palas, Kepala BPBD Palas, H. Amid Hadi Nasution, Plt. Camat Ulu Barumun, Damhuri Daulay, S.Pd dan seluruh Kepala Desa serta perangkat Desa se- Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. 

(Yudha M).